Headlines News :
Real Viral Traffic at vTrafficRush.com!

Iklan

Real Viral Traffic at vTrafficRush.com!

Latest Post

Educational Assessment Modern Strategies

Written By Unknown on Thursday, March 28, 2013 | 11:06 PM



Download Jurnal Internasional Pendidikan tentang "Strategi Modern dalam Penilaian di Bidang Pendidikan".
Silakan klik gambar atau Klik Di Sini untuk download, Gratis !!!
Tipe File : PDF

Economical Evaluation of Sensation Seeking Among Different Levels Weight Lifters

Written By Unknown on Tuesday, March 26, 2013 | 6:22 PM


Download jurnal internasional bidang pendidikan tentang "Mencari Sensasi Evaluasi Ekonomis antara Berbagai Tingkat Pengangkat Berat (Economical Evaluation of Sensation Seeking Among Different Levels Weight Lifters)"
Download Jurnal Silakan KLIK GAMBAR DISAMPING atau KLIK DI SINI

Designing Instructional Design Emerging Issues



Ebooks tentang bagaimana cara merancang desain pembelajaran untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pembelajaran.
Untuk Download Klik Gambar atau  KLIK DI SINI

PERAN TIK DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Written By Unknown on Thursday, October 11, 2012 | 1:07 PM

Dewasa ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi kebutuhan pokok dalam dunia pendidikan. Guru dan Dosen serta Peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran tidak terlepas dari TIK. Baik di lingkungan sekolah perkotaan maupun di daerah, pemenfaatan TIK dalam pembelajaran senantiasa kian berkembang. Dampak positif dari perkembangan penggunaan TIK sangat nampak dari hasil belajar siswa, dimana kemampuan siswa yang tinggal di daerah perkotaan maupun pedesaan relatif sama. Hal ini terbukti dari trend hasil Ujian Nasional beberapa tahun terakhir..

E-Learning?

Written By Unknown on Wednesday, October 10, 2012 | 5:07 PM

E-learning? Ya E-learning, electronics learnig atau dalam bahasa indonesia biasa disebut dengan Pembelajaran melalui media elektronik. Bagaimana cara untuk mendapatkan atau aksesnya? caranya memang cukup mudah yaitu dengan memiliki akses internet, maka pembelajaran pun sudah dapat dilaksanakan. memang, internet saja tentu tidaklah cukup, diperlukan beberapa perangkat lainnya, misalkan perangkat komputer, modem untuk mengakses internet, perangkat tambahan audio.

WHAT IS MOBILE LEARNING?

Written By Unknown on Friday, September 28, 2012 | 10:26 AM


Oleh : Bambang Andri Hadiansyah S.K.M.

Pernah mendengar tentang Mobile Learning? Tentu kalimat mobile learning sudah tidak asing lagi ditelinga. Mobile Learning merupakan salah satu metode belajar yang saat ini sedang hangat dikembangkan dalam bidang pendidikan. Pembelajaran melalui perangkat elektronik seperti handphone semakin banyak digunakan oleh para pendidik untuk membantu siswa dalam mempelajari suatu materi pelajaran.
Di Indonesia, pembelajaran melalui perangkat telepon genggam seperti handphone, iphone, dll, sudah mulai digunakan, namun masih terbatas dibeberapa level pendidikan dan sekolah favorit saja, mengingat keberagaman kondisi sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang ada, maka secara umum pembelajaran melalui mobile belum secara merata.  Meskipun demikian, terlepas dari kondisi fasilitas pendidikan di negara kita,  tentu tidak ada salahnya jika saat penulis mencoba mengangkat sebuah topik tentang what is mobile learning? Yang mungkin ke dapan paling tidak dapat menjadi bahan renungan bagi para pendidik.
Latar belakang dikembangkannya pembelajaran melalui mobile  diantaranya adalah karena adanya beberapa kondisi nyata, kendala, pemikiran inovasi, dan berbagai terobosan yang bisa dikembangkan oleh praktisi pendidikan dan teknolog dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi serta kemudahan-kemudahan dalam melakukan komunikasi melalui telepon selular, ternyata telah menjadi landasan yang kuat sehingga revolusi pembelajaran memungkinkan untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa kondisi nyata yang berhubungan dengan perkembangan telepon selular yang menjadi landasan latar belakang operasional kemunculan mobile learning, yaitu: (1) Penetrasi perangkat mobile sangat cepat; (2) Lebih banyak dari pada PC; (3) Lebih mudah dioperasikan daripada PC; (4) Perangkat mobile dapat dipakai sebagai media belajar..
Pada dasarnya, mobile learnig ada dalam versi offline dan online. Versi ofline ini dapat dilakukan dan dimulai hanya dengan satu kali instal, tidak terkoneksi ke server (stand alone). Sedangkan versi online memiliki karakteristik, hanya menginstal engine, dapat di update dengan mengkoneksikan ke server, dapat berinteraksi dengan pembelajar atau pengajar (diskusi/tanya jawab). Ada banyak prototipe yang dikembangkan dalam mendukung mobile learning ini, diantaranya adalah Prototipe Ganesa Mobile Learning (GML).
Melalui prototipe di atas, pembelajaran secara mobile dapat lebih dikembangkan dan mampu menyentuh serta melibatkan pikiran dan aktifitas belajar individu dimana saja dan kapan saja. Sistem penyelenggaraan hingga pembelajaran secara mobile ini bisa dikembangkan jika sebelumnya telah dipersiapkan dan dirancang sedemikian rupa. Pada saat inilah arsitektur dalam sebuah sistem mobile learning harus disiapkan.
Dari fenomena perkembangan, kebijakan, pemanfaatan dan pengembangan TIK dalam dunia pendidikan dan pembelajaran, ada tiga hal pokok yang harus disiapkan, Pertama, bagaimana pemahaman masyarakat pendidikan terhadap pemanfaatan komputer dalam pembelajaran, Kedua, bagaimana komunikasi pembelajaran bisa lebih interaktif dengan bantuan komputer dan sistem jaringannya. Ketiga, bagaimana masyarakat pendidikan mampu mengembangkan bahan ajar multimedia interaktif.
Sumber :
Darmawan, Deni (2011). “Teknologi Pembelajaran”. Remaja Rosdakarya. Bandung.

MEMAHAMI PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF

Written By Unknown on Wednesday, September 19, 2012 | 12:18 PM


Paradigma pembelajaran dalam dunia pendidikan dewasa ini telah berubah, dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi, guru sebagai salah satu sumber belajar. Perubahan paradigma tersebut dapat dimaknai bahwa telah terjadi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesatnya. Eksistensi teknologi dalam pendidikan memberikan sumbangan yang luar biasa. Mulai dari tersedianya alternative model pembelajaran, meningkatnya pilihan sumber belajar, strategi, metode, teknik dan taktik belajar pun berkembang dengan cepat dan lebih baik. Sehingga dalam proses pembelajaran tidak lagi dikenal istilah “belajar itu membosankan”, tetapi “belajar itu menyenangkan”.

Cara Meng-instal dan Menkonfigurasi CCleaner

Written By Unknown on Friday, September 14, 2012 | 9:53 AM

2.0 Cara meng-instal CCleaner
Meng-instal CCleaner relatif cepat dan mudah. Untuk memulai instalasi CCleaner, lakukan langkah-langkah berikut:
Langkah 1Klik dua kali  untuk memulai proses instalasi. Dialog box Buka Berkas Eksekutabel? mungkin akan muncul. Jika dialog box ini muncul, klik  untuk menampilkan layar berikut:


Gambar 1: Dialog box Installer Language
Langkah 2Klik  untuk mengaktifkan layar Selamat datang di program instalasi CCleaner v3.01.
Langkah 3Klik  to activate layar Perihal Lisensi. Silahkan membaca Perihal Lisensi sebelum memulai proses instalasi. Please read the License Agreement before proceeding with the rest of the installation process.
Langkah 4Klik , layar Pilihan Pemasangan akan muncul.
Langkah 5Klik  untuk menerima seting yang telah ditentukan. Proses instalasi CCleaner dimulai, ditandai dengan munculnya layar Proses Instalasi, menampilkan bar status progres.
Langkah 6Klik  untuk menutup instalasi program dan mengaktifkan tampilan pengguna Piriform CCleaner.
Gambar 2: Konsol Piriform CCleaner
Setelah CCleaner berhasil di-instal, pesan pop-up berikut akan muncul:
Gambar 3: Pesan pop-up CCleaner - Mencari cookie cerdas
Langkah 7Klik  untuk mencegah penyimpanan cookies secara permanen dalam komputer Anda.

2.1 Sebelum Anda memulai konfigurasi CCleaner

Seperti yang telah dijelaskan secara detil di Petunjuk bagaimana caranya - Bab 6. Cara menghancurkan informasi rahasia. Metode standar untuk menghapus file dari Microsoft Windows tidak menghapus data sebenarnya dari disk (walaupun ketika Anda membersihkan recycle bin). Begitu juga dengan file sementara. Untuk menghapus file sementara secara permanen dari hard disk, file-file tersebut harus ditimpa dengan data acak. CCleaner harus dikonfigurasi untuk menimpa file-file yang ia hapus untuk secara aman membersihkan mereka. CCleaner juga dapat menghapus informasi lama dengan membersihkan ruang yang tidak terpakai di disk (Silahkan merujuk ke bagian 5.3 Cara membersihkan Ruang Bebas Disk Menggunakan CCleaner).
Sebelum Anda mulai menggunakan CCleaner, program ini harus dikonfigurasi agar dapat menghapus semua file sementara secara aman.

2.2 Cara meng-konfigurasi CCleaner

Untuk meng-konfigurasi CCleaner, lakukan langkah-langkah berikut:
Langkah 1Klik  atau pilih Start > Programs > CCleaner untuk mengaktifkan konsol Piriform CCleaner.
Langkah 2Klik  untuk aktivasi layar berikut:
Gambar 4: Jendela Pilihan menampilkan panel 'Tentang'.
Langkah 3Klik  untuk menampilkan panel Pengaturan. Panel Pengaturan memungkinkan Anda untuk memilih bahasa yang Anda inginkan dan mengatur bagaimana CCleaner akan menghapus file sementara dan membersihkan drive.
Note: Pilihan Menghapus Aman muncul dengan pilihan Menghapus file normal.
Langkah 4Klik pilihan Menghapus file aman (lama) untuk menampilkan daftar drop-down.
Langkah 5Bentangkan daftar drop-down dan pilih item DOD 5220.22 M dari pilihan Menghapus file aman (lama) untuk menampilkan layar berikut:
Gambar 5: Panel pengaturan menampilkan pilihan Menghapus Aman
Setelah Anda mengatur pilihan ini, CCleaner akan menimpa file dan folder yang telah Anda pilih dengan data yang acak, dan menghapus mereka dari hard disk Anda dengan efektif. Istilah Melewati yang terdapat di daftar drop-down Menghapus file aman, menunjukkan jumlah berapa kali data Anda ditimpa oleh data acak. Semakin besar jumlah pass, semakin banyak dokumen, file, atau folder Anda ditimpa dengan data acak. Ini mengecilkan kemungkinan file Anda untuk didapatkan kembali, tetapi menambah waktu yang diperlukan untuk proses pembersihan.

Sumber : https://securityinabox.org/id/ccleaner_instal

MENGENAL FITUR SISTEM UTILITAS

Sistem Operasi Windows merupakan salah satu sistem operasi terfavorit digunakan oleh hampir sebagian besar perangkat komputer di dunia, termasuk di Indonesia. Selain User Friendly, pembaharuan yang kontinu dan konsisten, Windows juga menyediakan sistem pemeliharaan komputer yang sangat lengkap. Sistem Tersebut biasa disebut system utillity.

Pada Tulisan ini, penulis mencoba mengangkat topik tentang apa itu sistem utilitas? Bagaimana kemampuan sistem utilitas standar windows? dan kapan sistem tersebut digunakan.

Banyak sekali fitur utilitas yang disediakan oleh windows, namun tidak dapat semua penulis sampaikan saat ini. Hanya beberapa fitur yang akan dibahas di sini.


PENGERTIAN PROGRAM UTILITAS

Utilitas atau Utility dapat diartikan sebagai kegunaan. Program Utility adalah program-program (dalam hal ini pada Windows) yang memiliki kegunaan yang besar untuk berbagai macam kebutuhan. Program Utility ada yang internal (bawaan dari Windows), ada yang eksternal (program lain/program tambahan).

a. Utility Internal
Utility internal adalah utility yang sudah ada pada Windows kita, secara default sudah terinstall pada saat kita selesai menginstall Windows. Contoh : Notepad (untuk menulis), Wordpad (untuk menulis), Windows Media Player (multimedia), Games, Calculator, Paint (menggambar) dan lain-lain.

Salah satu program utiliy internal yang sangat penting bagi Windows adalah DEFRAG. Manfaat Defrag: Mengatur kembali tata-letak file-file yang rusak/kacau karena penghapusan dan penulisan, Menghapus jejak file yang tidak hilang pada saat penghapusan. Defrag perlu dilakukan secara teratur untuk dalam waktu mungkin 1-2 minggu sekali. Utility internal banyak terdapat di Control Panel, misalnya fonts, add remove, printer, system dan lain-lain. Perlu diperhatikan startup programs

b. Utility Eksternal
Utility External adalah utility yang bukan bawan Windows, harus menginstall terlebih dahulu. Macam-macam Utility External:
  • Antivirus adalah program untuk menscan, menghapus, dan berjaga-jaga dari serangan virus. Program ini akan selalu berjalan di background/tray icon jika diaktifkan. Antivirus sangat penting bagi windows.   Contoh Antivirus : McAfee, Norton, AntiVir, Panda, AVG, dan lain-lain.
  • Burning (Pembakar CD), Jika kita punya CD-RW ROM atau DVD-RW ROM, kita bisa membakar (burn) CD kita, sehingga dapat digunakan menyimpan data. Contoh : Ahead Nero 6
  • Cleaning System, Digunakan untuk membersihkan file-file, registri, Internet files yang rusak. Cleaning System sangat diperlukan. Contoh : RegCleaner, JvPowerTools, Norton System Works.
  • Office dan Internet, Office contoh : Microsoft Office (Word, Power Point, Excel, Access), yang gratis :  OpenOffice. Internet contoh : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape, Opera. Untuk chatting : MiRC, BitchX.            Untuk messenger : Yahoo Messenger, ICQ, MSN Messenger.  Apa beda chatting dan messenger ? Untuk file transfer : FTP, misal WS_FTP, CuteFTP.      Untuk download : Download Accelerator, IDM, FlashGet, RedGet.
  • Multimedia Multimedia adalah software yang mampu mengolah gambar dan suara.  Contoh : Winamp, PowerDVD, WinDVD, Windows, Media Player, ACDSee, QuickTime.
  • Software Connectivity
    Contoh : Koneksi bluetooth, Koneksi FlashDisk/USB, IrDA.
    Prinsip Menginstall Software :
    -          Pilih yang diperlukan saja, semakin banyak semakin berat beban komputer kita
    -          Hati-hati terhadap software yang kita download dari internet, terutama virus dan spyware.
    -          Sesuaikan dengan spesifikasi software yang akan kita install. (misalnya harddisk space, memori, VGA, soundcard)
    -          Pertimbangkan legalitas software, jangan membajak.
  • Bidang Desain Grafis
    Contoh : Paint, Adobe Photoshop, Corel,
    3DStudioMax, GIMP
    Bidang Desktop Programming
    Contoh : Pascal, C, C++, Visual Studio,
    Visual Studio .NET, Java, Delphi.
    Bidang Web Programming & Design
    Contoh : Dreamweaver, Flash, PHP, ASP,
    JSP, ASP.NET, Perl



JAWABAN UTS PTI ANGKATAN 6

Written By Unknown on Thursday, August 2, 2012 | 12:03 PM


KODE SOAL :    15

1.         Jelaskan secara terperinci tentang Teknologi Informasi.
Teknologi informasi, secara verbatim terdiri dari kata teknologi dan informasi. Teknologi atau technology, secara umum merupakan salah satu bentuk aplikasi ilmu pengetahuan, dimana ilmu pengetahuan yang sejatinya bersifat teoritis (dalil) kemudian diterapkan ke dalam bentuk praktis sehingga dapat lebih mudah dimanfaatkan. Teknologi dapat berbentuk tetapi tidak terbatas pada metode-metode, tata laksana, tata cara dan lain sebagainya, ciri utama teknologi diantaranya mudah digunakan atau dimanfaatkan, bersifat kebaharuan, mutakhir, senantiasa memanfaatkan sumber-sumber yang ada. Informasi merupakan sederetan data yang terstruktur hasil pengolahan, yang dimulai dari data mentah (raw data) kemudian di proses / dilakukan pengolahan sampai pada tahap penyajian data yang berupa keterangan  atau interpretasi data, sehingga keterangan tersebut dapat bermanfaat bagi pihak yang berkepentingan terhadap keterangan tersebut. Oleh karena itu, dapatlah disimpulkan bahwa Teknologi Informasi secara umum berhubungan dengan tata cara penerapan, pengolahan dan penyajian suatu data, atau fakta atau keterangan yang aktual dengan memanfaatkan sumber-sumber yang ada.
Lebih lanjut Haag dan Keen (1996) menyebutkan bahwa “Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi”.
Dari definisi di atas diketahui bahwa teknologi informasi sangat erat hubungannya dengan pemanfaatan sumber/media. Hal ini ditegaskan oleh Martin (1999) yang menyebutkan bahwa “Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi”. Dengan demikian, dapatlah kita ketahui bahwa berbicara tentang teknologi informasi tidak mungkin dapat terlepas dari teknologi computer dan teknologi telekomunikasi. 
Computer sebagai media pengolah data mentah menjadi informasi dan teknologi komunikasi sebagai metode penyampaian informasi hasil pengolahan program computer. Dalam melakukan pengolahan data tidak terlepas dari langkah record (mencatat data), store (menyimpan data), Process (mengolah data), retrieve (mengambil kembali), transmit (mengirimkan data), dan receive (menerima data). Rangkaian langkah tersebut dapat dilakukan sekaligus oleh perangkat computer
Perkembangan teknologi informasi dewasa ini sangatlah pesat. Dahulu sejak manusia mengenal bahasa dapat menyebarkan informasi melalui penyampaian pesan dari orang ke orang secara lisan, kemudian dengan kemampuan akal manusia teknologi penyampaian informasi jarak jauh secara sederhana diciptakan, mulai dari yang sangat tradisional seperti kentongan, surat, sampai dengan menggunakan perangkat elektronika seperti telegram, telegraf, radio, telepon, televisi, email, handphone dan sampai menggunakan jaringan secara global yaitu internet. Dimana setiap perangkat yang digunakan memiliki kapasitas dan segmentasi tersendiri, baik dari segi luasnya jangkauan sampai banyaknya audiens yang dapat ditembus. Salah satu contoh yang dikemukakan Morgan Stanley “Untuk mencapai 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang dibutukan televisi selama 13 tahun, Tv Kabel selama 10 tahun dan melalui internet hanya dibutuhkan waktu 5 tahun saja. Dengan demikian laju perkembangan teknologi informasi sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi computer dan teknologi komunikasi.
Perkembangan teknologi informasi sangat terasa manfaatnya di berbagai bidang, baik di bidang kesehatan, industry, pendidikan dan bidang-bidang lainnya. Di bidang broadcasting, system informasi berperan sangat penting, dimana salah satu implentasi teknologi informasi yaitu dengan adanya VCR yang mampu merekam tayangan tv, system seperti itu dinamakan embedded IT syste, di bdang perbankan dapat ditemui aplikasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau sering disebut Automatic Teller Machine yang menerapkan teknologi dedicated IT system dan yang paling popular serta banyak digunakan ialah system teknologi informasi yang dapat digunakan secara umum, (Portabble Computer) atau dalam istilah asing general purpose IT system, dimana system tersebut merupakan system serbaguna yang dapat digunakan diseluruh bidang, baik dalam pengerjaan tugas-tugas perkantoran, pemrograman, sebagai Server atau Client dalam system computer jaringan, maupun digunakan secara individual.  
Komputer PC untuk individual memiliki ukuran yang kecil sehingga sering disebut dengan microcomputer, sedangkan untuk keperluan yang lebih besar memerlukan komputer yang memiliki kemampuan, kecepatan dan aksesibilitas yang lebih besar, misalnya dengan menggunakan workstation, minicomputer, mainframe atau dengan menggunakan supercomputer.
Berdasarkan mekanismenya operasionalnya, secara umum teknologi informasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok, yaitu:
  1. Teknologi Informasi yang dijalankan secara manual, dimana pemanfaatan teknologi pada level ini seluruhnya masih menggunakan tenaga tangan manusia.
  2. Teknologi informasi yang dijalankan secara mekanik, dimana pemanfaatan teknologi pada level ini sudah menggunakan alat bantu/mesin manual/mekanik yang pengoperasiannya masih menggunakan tangan secara manual.
  3. Teknologi informasi yang dijalankan dengan mesin secara mekanik elektronik, dimana pada level ini sudah menggunakan perpaduan mesin mekanik dan dibantu oleh rangkaian elektronik/ motor elektronik sehingga penggunaan tenaga manusia lebih sedikit.
  4. Teknologi informasi yang dijalankan dengan elektronik secara penuh, pada level ini peralatan yang digunakan sudah benar-benar sepenuhnya menggunakan elektronika disertai program-program aplikasi sehingga sepenuhnya dlaksanakan oleh perangkat tsb.
Teknologi informasi bisa dikatakan sebagai suatu system dimana system tersebut dibangun oleh beberapa sub-sistem yang dalam pengoperasiannya saling berkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Yang termasuk kedalam sub-sistem teknologi informasi antara lain :
  1. Teknologi Komunikasi, yaitu teknologi atau peralatan yang biasa digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Contohnya : telepon, handphone, televise, radio, dll.
  2. Teknologi Masukan, yaitu perangkat yang biasa digunakan untuk melakukan input data, Contoh: Keyboard, Mouse, scanner, kamera, dll
  3. Teknologi Keluaran, yaitu perangkat yang digunakan untuk menyajikan informasi atau output dari hasil pengolahan suatu system. Contoh : Printer, Monitor, Projector, dll.
  4. Teknologi Perangkat Lunak, yaitu serangkaian instruksi yang digunakan untuk mengendalikan kerja computer sehingga mampu melakukan tindakan sesuai dengan yang dikehendaki penggunanya. Contoh: Microsoft Office, Macromedia Dreamweaver, dll.
  5. Teknologi Penyimpanan, yaitu seperangkat alat keras / hardware yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan hasil pengolahan yang dilaksanakan oleh perangkat lunak. Contoh: RAM, ROM, Harddisk, dll
  6. Teknologi Pemrosesan, yaitu suatu mesin pemroses yang merupakan salah satu inti komponen dari computer yang berfungsi untuk melakukan pemrosesan data atau perintah, komponen tesebut biasanya disebut dengan processor, microprocessor atau Central Processing Unit (CPU).
Secara singkat, komponen system teknologi informasi dikelompokkan menjadi hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan bainware (otak manusia sebagai programmer, pengelola dan pengguna).

2.     Jelaskan secara terperinci pengertian Komputer 
     Komputer diambil dari bahasa latin yaitu “computare” yang berarti menghitung atau dalam bahasa inggris to compute.Mengutip pengertian komputer menurut Larry Long dan Nancy Long bawa komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat menterjemahkan (interpret) dan mengeksekusi perintah-perintah yang terprogram sebagai input, output, perhitungan dan operasi logika, secara teknikal sangat komplek tetapi secara konsep cukup sederhana. Dahulu komputer hanya digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan penghitungan angka-angka saja, namun seiring dengan perkembanngan teknologi dan kebutuhan manusia yang sangat kompleks, kemudian komputer dikembangka secara bertahap dari generasi ke generasi hingga sampai saat ini kemajuan teknologi yang terdapat dalam komputer sudah hampir dapat mewakili semua pekerjaan manusia.  Dahulu komputer besarnya  lebih dari sebuah rumah namun kini komputer sudah lebih kecil. Komputer PC untuk individual memiliki ukuran yang kecil sehingga sering disebut dengan microcomputer, sedangkan untuk keperluan yang lebih besar memerlukan komputer yang memiliki kemampuan, kecepatan dan aksesibilitas yang lebih besar, misalnya dengan menggunakan workstation, minicomputer, mainframe atau dengan menggunakan supercomputer.
3.     Jelaskan secara terperinci tentang Piranti Komputer 
Elemen-elemen system komputer terdiri dari hardware, software, brainware 
Blok diagram komputer terdiri dari : 
a. input device, yang termasuk kedalam piranti masukan antara lain: keyboard, mouse, scanner, camera, fingerprint, taouch pad, cd-room, microphone, dll.
b. central processing unit, yang termasuk kedalam piranti pemrosesan yaitu CPU/prosesor
c. storage device, yang termasuk ke dalam piranti penyimpanan ialah harddisk, flashdisk.
d. output device, yang termasuk ke dalam piranti luaran antara lain : monitor, projector, printer, speaker, dll.
A. Perangkat Keras / Hardware 
Hardware merupakan perangkat keras yang nampak berupa benda yang menyusun suatu unit komputer, perangkat keras komputer setidaknya terdiri dari :
1. casing, 
Casing merupakan suatu benda yang berbentuk box yang berfungsi sebagai wadah / tempat menyimpan perangkat penyusun komputer lainnya.
2. Power supply

 Power Supply (PS) merupakan suatu alat yang dapat mengkonversi arus AC menjadi DC. output yang dikeluarkan oleh Power Supply dapat menokong kebutuhan komputer untuk melakukan kerjanya. Tegangan yang dikeluarkan oleh PS berkisar antara 5 - 12 volt, tegangan ini didistribusikan kepada seluruh komponen lainnya yang ada dlam komputer.
3. Motherboard
Moderboard merupakan suatu rangkaian komponen elektronik yang tersusun diatas sebuah PCB. selain menjadi wadah bagi komponen komputer lainnya, motherboard juga berfungsi untuk menyalurkan aliran listrik. Dalam motherboard terdapat slot-slot untuk (PCI) menyimpan VGA eksternal, Memory, soundcard dll. Pada banyak tipe motherboard biasanya sudah dlengkapi dengan VGA onboard, BIOS,soundcard onboard.dll.
4. Processor
Processor merupakan inti utama sebuah komputer, dimana processor berfungsi sebagai manajer pengolahan data sehingga komponen komputer lainnya dapat berfungsi dengan baik. Intel dan AMD merupakan dua dari produsen prosesor ternama di dunia. prosesor biasanya ditempatkan pada motherboard dan dilengkapi dengan kipas pendingin, isi dari processor merupakan rangkaian elektronika sangat kecil dengan fungsi yang sagat besar, wajar jika prosessor sering mengalami panas, ini diakibatkan kerja prosesor yang berat dan cepat.
 5. Memory, 
Selain berfungsi sebagai penyimpanan sementara memory juga berfungsi untuk membantu mempercepat kinerja processor dalam melakukan tugasnya.
6. VGA
VGA merupakan komponen komputer yang berfungsi mengatur penampilan / visualisasi, VGA ada yang sudah terdapat dalam motherboard (on-board) ada juga yang secara terpisah
7. Soundcard
Souncard berfungsi sebagai pengelola audio,
8. Drive optic
Drive optic sering juga disebut dengan cd/dvd room, yang berfungsi sebagai piranti masukan sekaligus piranti luaran untuk mengambil dan menyimpan data yang kapasitasnya relatif kecil
9. Harddisk 
Harddisk merupakan piranti penyimpanan data hasil pemrosesan CPU, kapasitas harddisk lebih besar dibanding piringan cd/dvd atau flashdisk. dalam sebuah komputer biasanya tempat skrip-skrip program disimpan.

B. Perangkat Lunak / Software 
Perangkat lunak merupakan suatu program yang berisi instruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data. perangakat lunak merupakan elemen penting dalam memproses data, karena perangkat lunak / programlah yang mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki.
Beragam jenis perangkat lunak tersedia dipasaran yang dibuat oleh vendor-vendor untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, jenis-jenis sofware tersebut antara lain:
  • Software komersial, yaitu software yang sengaja dijual dan memiliki hak cipta
  • Software Domain-Public, yaitu sofware yang sifatnya gratis dan berupa source code
  • Software Shareware, yaitu software yang digunakan untuk evaluasi tanpa source
  • Software Rentalware, yaitu software yang disewakan dan memiliki hak cipta
  • Software Free Software, yaitu software yang diengkapi dengan source code dan bersifat gratis atau berbayar tapi dengan harga yang sangat murah.
  • Software Freeware, yaitu software yang bersifat gratis dan tanpa source code, bertujuan untuk menarik peminat untuk membeli versi selanjutnya
  • Software Open Source, yaitu software yang dilengkapi souce code dan bersifat gratis serta disertai dengan hak-hak untuk pemakai untuk membuat, mendistribusikan salinan, memodifikasi dan melakukan pengembangan.
Software dapat dikelompokan menjadi menjadi software aplikasi dan software sistem. Software aplikasi merupakan program yang bisa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik. Software aplikasi ini dapat digolongkan menjadi software untuk hiburan, software untuk pendidikan, software untuk bisnis.
Software sistem merupakan program yang digunakan untuk mengontrol resource komputer, abik yang berifat internal maupun yang eksternal. software sistem merupakan perantara antara hardware computer dengan software aplikasi. Software sistem sendiri dapat dikelompokkan menjadi software sistem operasi, device driver dan software utilitas
Software sistem operasi merupakan sebuah program penghubung antara user komputer dengan hardware komputer yang terdiri dari kumpulan program yang sangat memperhaikan bentuk dan cara kerja hardware. Contoh system operasi: windows, linux, machintos
Device driver / driver motherboard merupakan program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan perangkat periperal.
Software utilitas merupakan software tambahan yang berfungsi untuk melakukan pemeliharan dan perbaikan agar kinerja komputer tetap dalam kondisi prima saat digunakan : utility program, file manager, personal firewall, antivirus, uninstaller, disks canner, disk defragmenter, diagnostic utility, backup utility, screen saver dll.

4.     Jelaskan secara terperinci tentang Pemrograman
Program merupakan kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut dengan source code yang dibuat oleh programmer.
Pemrograman adalah urutan perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat melaksanakan perintah sesuai dengan keinginan pemakai.
Program Komputer merupakan susunan instruksi (perangkat lunak) yang harus dikerjakan oleh komputer. Perangkat lunak berbentuk aljabar Boolean yang dipresentasikan sebagai binary digit berbentuk 0 atau 1, kode tersebut digabungkan menjadi instuksi aritmatik, logika, dan instruksi mnemonic. Instruksi mnemonic digabung kembali menjadi bahasa pemrograman.
Bahasa Pemrograman adalah suatu system untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis adalah suatu system berkomunikasi dengan menggunakan symbol (huruf) untuk membentuk kata. Dalam ilmu komputer bahasa manusia disebut bahasa alamiah (natural languages), dimana komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer. Perkembangan bahasa pemrograman generasi 1 bahasa mesin (bilangan biner 0 dan 1 kemudian dikembangkan menjadi bilangan octal dan heksa decimal), generasi 2 low level language (sudah mulai memasukan kata bahasa inggris dalam bentuk singkat, generasi 3 High level language (bisa mengkompilasi, membuat link, dan eksekusi perintah), Generasi IV bahasa deklaratif (bahasa yg digunakan sudah sangat mendekati bahasa percakapan sehari-hari, Generasi 5 Object-Oriented Language (disebut juga bahasa murni, menggunakan seluruh karaker dan tanda baca)
Langkah Pemrograman secara sederhana terdiri dari input, proses dan output dengan menggunakan langkah mendefinisikan, mengimplementasi, mengkompilasi, menguji, mendokumentasi dan membuat pengembangan

5.         Jelaskan secara terperinci tentang Multimedia dan kaitannya dengan Pembelajaran
Multimedia merupakan merupakan padanan kata multi dan media, multi artinya banyak dan media artinya alat atau perantara, multimedia secara sederhana dapat diartikan sebagai peralatan/perantara yang banyak, multimedia dikaitkan dengan teknologi informasi merupakan penggunaan peralatan/perantara yang banyak dengan tujuan untuk menyampaikan sesuatu sehingga informasi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami orang lain. Multimedia dikaitkan dengan pembelajaran merupakan perpaduan harmonis antara berbagai media, baik teks, gambar, grafik, audio, video maupun animasi, yang sinergis untuk mencapai tujuan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik, informative, interaktif, inovatif, efektif, efisien dan mudah dipahami oleh pembelajar.
Suatu pembelajaran dapat dikatakan menggunakan multimedia jika pada suatu metode presentasi atau interaktif menggunakan minimal dua media masukan atau keluaran, misalnya menggabungkan antara audio dengan video atau gambar, music dengan animasi, dsb. Dengan menggunakan multimedia tingkat kemampuan mengingat pembelajar secara umum dapat meningkat sampai dengan 50% dan pada kemampuan menyimpan pesan dapat mencapai 85%.
Kehadiran multimedia dalam bidang pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran berdampak positif. Kehadiran multimedia dapat mengubah suasana pembelajaran, proses pembelajaran dapat lebih  fleksibel, dimana proses pembelajaran tidak harus selalu dilakukan di dalam kelas secara nyata, namun dapat juga dilakukan dalam kelas virtual, misalnya dengan pemanfaatan jaringan local atau interconnections. Dimana siswa dan guru tidak harus selalu berada dalam ruangan yang sama saat proses pembelajaran berlangsung. Moodle salah satu piranti lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola kelas virtual cukup efektif diterapkan dalam proses pembelajaran. Dengan media dalam pembelajaran memungkinkan penyampaian materi pembelajaran dapat lebih terstandar, lebih menarik dan interaktif, efektif dan efisien baik dalam waktu maupun tenaga, serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, mengembangkan kompetensi guru dan dapat mereduksi terjadinya miskonsepsi pada siswa terkait dengan materi pembelajaran yang disampaikan, karena penggunaan multimedia sebagai pengganti pengalaman lansung, terutama dalam mempelajari materi yang memerlukan pengamatan langsung secara visual, dengan demikian siswa dapat terhindar dari efek negative dari obyek yang diamati.
Namun demikian, untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi degan menggunakan multimedia diperlukan berbagai perangkat pendukung utama. Perangkat tersebut antara lain computer yang memenuhi syarat kebutuhan pengelolaan multimedia (memiliki cd-room, soundcard, multimedia player, ram & harddisk yang mencukupi, graphics adapter, dll), memiliki perangkat luaran (soundsystem/speaker, monitor, projector, printer, dll). Untuk system multimedia berbasis jaringan diperlukan perangkat tambahan misalnya system jaringan yang sudah terintegrasi, koneksi internet dengan bandwidth yang memadai, selain dari hardware dan software yang memadai, paling utama adalah kemampuan guru untuk memafaatkan seluruh komponen yang ada, dimana guru harus memiliki kemampuan untuk membuat, menggunakan dan mengembangkan system pembelajaran berbasis multimedia, tanpa kemampuan guru (brainware) yang memadai kemungkinan terlaksananya proses pembelajaran berbasis multimedia suit dicapai.
Metode pembelajaran dengan multimedia dapat menggunakan metode presentasi atau metode interaktif. Metode presentasi biasanya digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoritis dalam pembelajaran klasikal dengan jumlah audiens yang cukup banyak. Sedangkan metode interaktif merupakan suatu model pembelajaran yang digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang piran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendrong proses belajar. Berbagai model multimedia (cara pembelajaran dengan multimedia) dapat dikombinasikan dengan karakter materi pelajaran. Model pembelajaran multimedia yang umum digunakan antara lain Model Drill, Model Tutorial, Model Simulasi, dan Model Games.

6.         Jelaskan secara terperinci tentang Internet dan kaitannya dengan Pembelajaran
Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Dimana Internet  ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakaninternetworking.
Pada mulanya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Kehadiran Internet memberikan dampak positif khususnya dalam bidang pendidikan. Internet yang merupakan system jaringan global raksasa menyediakan berbagai informasi yang lengkap dan mutakhir, internet juga bisa dikatakan sebagai perpustakaan raksasa yang melahirkan ide-ide brilian dalam dunia pendidikan, salah satu bentuk aplikasi dari pemanfaatan internet ialah dengan adanya e-learning (pembelajaran secara elektronik), misalnya, pendidikan atau pelatihan yang semula bersifat CBT (computer base training) dengan adanya internet menjadi WBT (web base training).
Internet juga mengubah suasana belajar, dari yang semula pembelajaran hanya bersumber pada guru dan dilakukan dengan tatap muka secara langsung didalam kelas, sekarang dengan adanya internet materi pembelajaran tidak hanya bersumber pada guru tetapi guru menjadi fasilitator dalam proses belajar, dimana proses pembelajaran tidak lagi dilakukan dengan tatap muka langsung dalam kelas, tetapi bisa dilakukan diluar kelas dengan menggunakan media computer yang terhubung dengan internet. Sumber materi pelajaran pun menjadi lebih banyak variasi, menarik dan inovatif, dimana guru dan murid bisa sama-sama memperoleh materi pembelajaran secara lebih lengkap.
Pemanfaatkan jaringan internet sebagai sumber dan sarana pembelajaran, dapat diimplemetasikan sebagai point-point berikut :
1.     Browsing, yaitu kegiatan pemanfaatan belajar dengan menggunakan web browser sebagai gerbangnya. Dari browsing dapat diperoleh informasi dan sumber-sumber belajar baru.
2.     Resourcing, kegiatan menjadikan internet sebagai pusat rujukan belajar, misalnya dengan menjadikan hasil karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal on-line.
3.     Searching, yaitu mencari sumber-sumber informasi baru untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan.
4.    Consulting dan Communicating, yaitu melalui internet dapat melakukan konsultasi atau komunikasi 2 arah secara langsung, baikantara guru dengan murid, antar murid atau dengan sumber lain dalam pembelajaran. Biasanya digunakan email, jejaring social, dll.

7.         Apa yang saudara ketahui tentang:
a.         TOUCHPAD
yaitu suatu alat alat masukan yang biasanya sering ditemui pada notebook/netbook/laptop (biasanya terletak di bawah area keyboard) yang fungsinya untuk menggantikan fungsi dari mouse. Touchpad biasanya paling sedikit memiliki 3 bidang, bidang datar yang lebih luas merupakan area scrolling untuk menggerakkan pointer, dua buah tombol kiri dan kanan berfungsi sebagai eksekutor untuk menjalankan instruksi/perintah. untuk menjalankan device ini biasanya diperlukan driver yang biasanya disebut Synaptics Pointing Device.
b.         SCANNER
Yaitu sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam storage device dalam komputer. Manfaat scanner sangat dirasakan terutama dalam pengolahan data, misalnya dalam sensus penduduk, pengolahan data menjadi lebih cepat, efektif dan efisien, sehingga waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil menjadi lebih singkat dan sedikit tenaga.

c.        Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL)
yaitu komunikasi jaringan internet dengan kecepatan tinggi, dimana sinyal yang masuk tidak sama dengan sinyal yang keluar. Yaitu dimana kapasitas Download/downstream lebih besar disbanding Upload/Upstream. ADSL iasanya melekat pada modem. Sistem ADSL biasanya digunakan pada penyedia jaringan internet (ISP provider) yang menerapkan pembatasan-pembatasan. Yang melatar belakangi di terapkannya system ini ialah karena adanya kebiasaan aktivitas pengguna internet yang lebih sering melakukan downloading dibanding dengan Uploading. 
d.         WEB BROWSER
Web Browser atau browser, atau peselancar, atau internet browser. Adalah suatu program komputer yang menyediakan Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.
Web browser saat ini banyak sekali ragam dan jenisnya, mulai dari yang berbasis ie sampai dengan berbasis chromium. Windows dengan web browser andalannya Internet Explorer, Mac dengan Safari, dan lain-lain. Begitu juga banyak nama webrowser baru bermunculan dari berbagai vendor. Misalnya Commodo dengan Commodo Dragon, Apple dengan Safari-nya, Netscape, Flox, dan lain-lain.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Amal Aja - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger