Headlines News :
Real Viral Traffic at vTrafficRush.com!
Home » » Penilaian Status Gizi

Penilaian Status Gizi

Written By Unknown on Tuesday, May 3, 2011 | 12:06 PM


Masalah gizi di Indonesia dan di Negara berkembang pada umumnya masih didomonasi oleh masalah Kurang Energi Protein (KEP), masalah Anemia Besi, masalah Gangguan Akibat kekurangan Yodium (GAKY), masalah Kurang Vitamin A (KVA) dan masalah obesitas terutama di kota-kota besar.

Istilah yang berhubungan dengan status gizi
  • Gizi (nutrition) : Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absorpsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat gizi yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi.
  • Keadaan gizi : Keadaan akibat dari keseimbangan antara konsumsi dan penyerapan zat gizi dan penggunaan zat-zat gizi tersebut, atau keadaan fisiologik akibat dari tersedianya zat gizi dalam seluler tubuh.
  • Status gizi merupakan ekspresi dari keadaan keseimbangan dalam bentuk variable tertentu, atau perwujudan dari natriture dalam bentuk variable tertentu. Contoh : gondok endemic merupakan keadaan tidak seimbangnya pemasukan dan pengeluaran yodium dalam tubuh.
  • Malnutrition (Gizi salah, malnutrisi) : Keadaan patologis akibat kekurangan atau kelebihan secara relative maupun absolute satu atau lebih zat gizi.
  • Ada empat bentuk malnutrisi : 
  1. Under Nutrition: kekurangan konsumsi pangan secara relative atau absolute untuk periode tertentu.
  2. Specific Defisiency : kekurangan zat gizi tertentu, misalnya kekurangan vitamin A, yodium, Fe, dan lain-lain.
  3. Over Nutrition : kelebihan konsumsi pangan untuk periode tertentu.
  4. Imbalance : karena disproporsi zat gizi, misalnya : kolesterol terjadi karena tidak seimbangnya LDL (Low Density Lipoprotein), HDL, dan VLDL.
  5. Kurang Energi Protein (KEP) adalah seseorang yang kurang gizi yang disebabkan oleh rendahnya konsumsi energi dan protein dalam makanan sehari-hari dan atau gangguan penyakit tertentu. Anak disebut KEP apabila berat badannya kurang dari 80 % indeks berat badan menurut umur (BB/U) baku. KEP merupakan defesiensi gizi (energi dan protein) yang paling berat dan meluas terutama pada balita. Pada umumnya penderita KEP berasal dari keluarga yang berpenghasilan rendah.
PENILAIAN STATUS GIZI SECARA LANGSUNG
Penilaian status gizi secara langsung dapat dibagi menjadi empat penilaian yaitu : antropometri, klinis, biokimia, dan biofisik.
Antropometri
Pengertian, Secara umum antropometri artinya ukuran tubuh manusia. Ditinjau dari sudut pandang gizi, maka antropometri gizi berhubungan dengan berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dan komposisi tubuh dari berbagai tingkat umur dan tingkat gizi.
Penggunaan, Antropometri secara umum digunakan untuk melihat ketidakseimbangan asupan protein dan energi. Ketidakseimbangan ini terlihat pada pola pertumbuhan fisik dan proporsi jaringan tubuh seperti lemak, otot dan jumlah air dalam tubuh.
Klinis
Pengertian
Pemeriksaan klinis adalah metode yang sangat penting untuk menilai status gizi masyarakat. Metode ini didasarkan atas perubahan-perubahan yang terjadi yang dihubungkan dengan ketidakcukupan zat gizi. Hal ini dapat dilihat pada jaringan epitel seperti kulit, mata, rambut dan mukosa oral atau pada organ-organ yang dekat dengan permukaan tubuh seperti kelenjar tiroid.
Penggunaan
Penggunaan metoda ini umumnya untuk survey klinis secara cepat (rapid clinical surveys). Survey ini dirancang untuk mendeteksi secara cepat tanda-tanda klinis umum dari kekurangan salah satu atau lebih zat gizi. Disamping itu digunakan untuk mengetahui tingkat status gizi seseorang dengan melakukan pemeriksaan fisik yaitu tanda (sign) dan gejala (symptom) atau riwayat penyakit.
Biokimia
Pengertian
Penilaian status gizi dengan biokimia adalah pemeriksaan specimen yang diuji secara laboratories yang dilakukan pada berbagai macam jaringan tubuh. Jaringan tubuh yang digunakan antara lain : darah, urine, tinja, dan juga beberapa jaringan tubuh seperti hati dan otot.
Penggunaan
Metode ini digunakan untuk suatu peringatan bahwa kemungkinan akan terjadi keadaan malnutrisi yang lebih parah lagi. Banyak gejala klinis yang kurang spesifik, maka penentuan kimia faali dapat lebih banyak menolong untuk menentukan kekurangan gizi yang spesifik.
Biofisik
Pengertian 
Penentuan status gizi secara biofisik adalah metode penentuan status gizi dengan melihat kemampuan fungsi (khususnya jaringan) dan melihat perubahan struktur dari jaringan.
Penggunaan
Umumnya dapat digunakan dalam situasi tertentu seperti kejadian buta senja epidemic (epidemic of night blindness). Cara yang digunakan adalah tes adaptasi gelap.

PENILAIAN STATUS GIZI SECARA TIDAK LANGSUNG
Penilaian status gizi secara tidak langsung dapat dibagi tiga yaitu : survey konsumsi makanan, statistic vital dan faktor ekologi. 
Ø Survei Konsumsi Makanan
Pengertian
Survey konsumsi makanan adalah metode penentuan status gizi secara tidak langsung dengan melihat jumlah dan jenis zat gizi yang dikonsumsi.
Penggunaaan
Pengumpulan data konsumsi makanan dapat memberikan gambaran tentang konsumsi berbagai zat gizi pada masyarakat, keluarga dan individu. Survey ini dapat mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangan zat gizi.
Ø Statistik Vital
Pengertian
Pengukuran status gizi dengan statistic vital adalah dengan menganalisis data beberapa statistic kesehatan seperti angka kematian berdasarkan umur, angka kesakitan dan kematian akibat penyebab tertentu dan data lainnya yang berhubungan dengan gizi.
Penggunaan
Penggunaannya dipertimbangkan sebagai bagian dari indicator tidak langsung pengukuran status gizi masyarakat.
Ø Faktor Ekologi
Pengertian
Bengoa mengungkapkan bahwa malnutrisi merupakan masalah ekologi sebagai hasil interaksi beberapa faktor fisik, biologis dan lingkungan budaya. Jumlah makanan yang tersedia sangat tergantung dari keadaan ekologi seperti iklim, tanah, irigasi, dan lain-lain.
Penggunaan
Pengukuran faktor ekologi dipandang sangat penting untuk mengetahui penyebab malnutrisi di suatu masyarakat sebagai dasar untuk melakukan program intervensi gizi.

ANTROPOMETRI GIZI
Di masyarakat, cara pengukuran status gizi yang paling penting sering digunakan adalah antropometri gizi. Dewasa ini dalam program gizi masyarakat, pemantauan status gizi anak balita menggunakan metode antropometri, sebagai cara untuk menilai status gizi. Disamping itu pula dalam kegiatan penapisan status gizi masyarakat selalu menggunakan metode tersebut.
Dilihat dari penggunaan antropometri yang sangat luas, maka salah satu keahlian yang harus dimiliki adalah mampu mengukur status gizi masyarakat dengan cara antropometri.

KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Pengertian
Makna pengertian pertumbuhan dan perkembangan mencakup dua peristiwa yang statusnya berbeda, tetapi saling berkaitan dan sulit dipisahkan.
Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan perubahan dalam besar, jumlah, ukuran dan fungsi tingkat sel, organ maupun individu, yang diukur dengan ukuran berat, ukuran panjang, umur tulang dan keseimbangan metabolic (resistensi kalsium dan nitrogen tubuh). Menurut Jelliffe D.B. (1989), pertumbuhan adalah peningkatan secara bertahap dari tubuh, organ dan jaringan dari masa konsepsi sampai remaja.
Bukti menunjukkan bahwa kecepatan pertumbuhan berbeda setiap tahapan kehidupan karena dipengaruhi oleh kompleksitas dan ukuran dari organ serta rasio otot dengan lemak tubuh. Kecepatan pertumbuhan pada saat pubertas sangat cepat dalam hal tinggi badan yang ditandai dengan perubahan otot, lemak, dan perkembangan organ yang diikuti oleh kematangan hormone seks.
Perkembangan (development) adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan sebagai hasil proses pematangan. Ada pula yang mendefinisikan bahwa perkembangan adalah penampilan kemampuan (skill) yang diakibatkan oleh kematangan system syaraf pusat, khususnya di otak. Mengukur perkembangan tidak dapat dengan menggunakan antropometri, tetapi seperti pada anak yang sehat perkembangan searah (parallel) dengan pertumbuhannya.
Perkembangan menyangkut adanya proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan system organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsi dalamnya termasuk pula perkembangan emosi, intelektual, dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan lebih menekankan pada aspek fisik, sedangkan perkembangan pada aspek pematangan fungsi organ, terutama kematangan system syaraf pusat.
Pertumbuhan yang optimal sangat dipengaruhi oleh potensi biologisnya. Tingkat pencapaian fungsi biologis seseorang merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling berkaitan yaitu : faktor genetik, lingkungan bio-fisiko-psikososial, dan perilaku. Proses itu sangat kompleks dan unik, dan hasil akhirnya berbeda-beda dan memberikan ciri pada setiap anak.

Faktor contoh
I. Internal
a. Genetik -individu (keluarga)
-ras/lingkn intrauterin (ketdk ckpan plasenta)
b. obsterik -BBLR
-lahir kembar
c. seks -laki-laki lebih panjang dan lebih berat

II. Ekternal
a. Gizi -Fetus (diet maternal; protein, energi dan I) 
-bayi (ASI dan susu botol)
-anak (pro, energi, I, Zn, Vit D dan asam folat)
b. Obat-obatan -Alkohol, tembakau, dan kecanduan obat-
obatan lainnya
c. Lingkungan -iklim, daerah kumuh
d. penyakit
1. endokrin -hormon pertumbuhan (hipofisis)
2. Infeksi -bakteri akut dan kronis, virus, dan cacing
3. Kongenital -anemia sel sabit, kelainan metabolis sjk lhr
4. Penyakit kronis -kanker, malabsorpsi usus halus, jantung, ginjal, dan hati
5. Psikologis -kemunduran mental/emosi

Jenis-jenis Pertumbuhan
KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN ANTROPOMETRI

Pengertian Antropometri
Antropometri berasal dari kata anthropos dan metros. Anthropos artinya tubuh dan metros artinya ukuran. Jadi antropometri adalah ukuran dari tubuh.
Antropometri gizi adalah berhubungan dengan berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dan komposisi tubuh dari berbagai tingkat umur dan tingkat gizi. Berbagai jenis ukuran tubuh antara lain : berat badan, tinggi badan, lingkar lengan atas, dan tebal lemak di bawah kulit.
Antropometri sangat umum digunakan untuk mengukur status gizi dari berbagai ketidak seimbangan antara asupan protein dan energi. Gangguan ini biasanya terlihat dari pola pertumbuhan fisik dan proporsi jaringan tubuh seperti lemak, otot dan jumlah air dalam tubuh.
Keunggulan Antropometri
Sebelum menguraikan tentang keunggulan antropometri ada baiknya mengenai apa yang mendasari penggunaan antropometri :
Alatnya mudah didapat dan digunakan, seperti dacin, pita lingkar lengan atas, mikrotoa, dan alat pengukur panjang bayi yang dapat dibuat sendiri di rumah.
pengukuran dapat dilakukan berulang-ulang dengan mudah dan obyektif.
pengukuran bukan hanya dilakukan dengan tenaga khusus profesional, juga oleh tenaga lain setelah dilatih untuk itu.
biaya relative murah, karena alat mudah didapat dan tidak memerlukan bahan-bahan lainnya.
hasilnya mudah disimpulkan, karena mempunyai ambang batas (cut off points) dan baku rujukan yang sudah pasti. 
secara ilmiah diakui kebenarannya. Hampir semua negara menggunakan antropometri sebagai metode untuk mengukur status gizi masyarakat, khususnya untuk penapisan (screening) status gizi. Hal ini dikarenakan antropometri diakui kebenarannya secara ilmiah.
Memperhatikan faktor di atas maka keunggulan antropometri :
prosedurnya sederhana, aman dan dapat dilakukan dalam jumlah sample yang besar.
relative tidak membutuhkan tenaga ahli, tetapi cukup dilakukan oleh tenaga yang sudah dilatih dalam waktu singkat dapat melakukan pengukuran antropometri.
alatnya murah, mudah dibawa, tahan lama, dapat dipesan dan dibuat di daerah setempat. Memang ada alat antropometri yang mahal dan harus diimpor dari luar negeri, tetapi penggunaan alat itu hanya tertentu saja seperti “Skin Fold capiller” untuk mengukur tebal lemak di bawah kulit.
metode ini tepat dan akurat, karena dapat dibakukan.
dapat mendeteksi atau menggambarkan riwayat gizi di masa lampau.
umumnya dapat mengidentifikasi status gizi sedang, kurang, dan gizi buruk, karena sudah ada ambang batas yang jelas.
metode antropometri dapat mengevaluasi perubahan status gizi pada periode tertentu, atau dari satu generasi ke generasi berikutnya.
metode antropometri gizi dapat digunakan untuk penapisan kelompok yang rawan terhadap gizi.

Kelemahan Antropometri
tidak sensitive. Metode ini tidak dapat mendeteksi status gizi dalam waktu singkat. Disamping itu tidak dapat membedakan kekurangan zat gizi tertentu seperti Zn dan Fe.
faktor di luar gizi (penyakit, genetic, dan penurunan penggunaan energi) dapat menurunkan spesifikasi dan sensitivitas pengukuran antropometri.
kesalahan yang terjadi pada saat pengukuran dapat mempengaruhi presisi, akurasi, dan validasi pengukuran antropometri gizi.
kesalahan ini terjadi karena :
a. pengukuran
b. perubahan hasil pengukuran baik fisik maupun komposisi jaringan
c. analisis dan asumsi yang keliru
sumber kesalahan, biasanya berhubungan dengan :
d. latihan petugas yang tidak cukup
e. kesalahan alat atau alat tidak ditera
f. kesulitan pengukuran

JENIS PARAMETER
Antropometri sebagai indikator status gizi dapat dilakukan dengan mengukur beberapa parameter. Parameter adalah ukuran tunggal dari tubuh manusia, antara lain : umur, berat badan, tinggi badan, lingkar lengan atas, lingkar kepala, lingkar dada, lingkar pinggul dan tebal lemak di bawah kulit.
Umur
Faktor umur sangat penting dalam penentuan status gizi. Kesalahan penentuan umur akan menyebabkan interpretasi status gizi menjadi salah. Hasil pengukuran tinggi badan dan berat badan yang akurat, menjadi tidak berarti bila tidak disertai dengan penentuan umur yang tepat.
Berat badan
Berat badan merupakan ukuran antropometri yang terpenting dan paling sering digunakan pada bayi baru lahir (neonatus). Berat badan digunakan untuk mendiagnosa bayi normal atau BBLR. Dikatakan BBLR apabila bayi lahir di bawah 2500 gram atau dibawah 2,5 kg. Pada masa bayi-balita, berat badan dapat dipergunakan untuk melihat laju pertumbuhan fisik mapun stasus gizi, kecuali terdapat kelainan klinis seperti dehidrasi, asites, edema, dan adanya tumor. Disamping itu pula berat badan dapat dipergunakan sebagai dasar perhitungan dosis obat dan makanan.
Berat badan menggambarkan jumlah protein, lemak, air, dan mineral pada tulang. Pada remaja, lemak tubuh cenderung meningkat, dan protein otot menurun. Pada orang yang edema dan asites terjadi penambahan cairan dalam tubuh. Adanya tumor dapat menurunkan jaringan lemak dan otot. Khususnya terjadi pada orang kekurangan gizi.
Berat badan merupakan pilihan utama karena berbagai pertimbangan :
Parameter yang paling baik, mudah terlihat perubahan dalam waktu singkat karena perubahan-perubahan konsumsi makanan dan kesehatan.
memberikan gambaran stastus gizi sekarang dan kalau dilakukan secara periodik memberikan gambaran yang baik tentang pertumbuhan.
merupakan ukuran antropometri yang sudah dipakai secara umum dan luas di Indonesia sehingga tidak merupakan hal baru yang memerlukan penjelasan secara meluas.
ketelitian pengukuran tidak banyak dipengaruhi oleh keterampilan pengukur.
KMS yang digunakan sebagai alat yang baik untuk pendidikan dan memonitor kesehatan anak menggunakan juga berat badan sebagai dasar pengisian.
karena masalah umur merupakan factor penting untuk penilaian status gizi, berat badan terhadap tinggi badan sudah dibuktikan dimana-mana sebagai indeks yang tidak tergantung pada umur.
alat pengukuran dapat diperoleh di daerah pedesaan dengan ketelitian yang tinggi dengan menggunakan dacin yang juga sudah dikenal oleh masyarakat.
o Tinggi Badan
Tinggi badan merupakan parameter yang penting bagi keadaan yang telah lalu dan keadaan sekarang, jika umur tidak diketahui dengan tepat. Disamping itu tinggi badan merupakan ukuran kedua yang penting, karena dengan menghubungkan berat badan terhadap tinggi badan (quac stick), factor umur dapat dikesampingkan. Pengukuran tinggi badan untuk anak balita yang sudah dapat berdiri dilakukan dengan alat pengukur tinggi mikrotoa (microtoise) yang mempunyai ketelitian 0,1 cm. Pengukuran untuk bayi atau anak yang belum dapat berdiri, digunakan alat pengukur panjang bayi.
Lingkar Lengan Atas
LLA dewasa ini memang merupakan salah satu pilihan untuk penentuan status gizi, karena mudah dilakukan dan tidak memerlukan alat-alat yang sulit diperoleh dengan harga yang lebih murah. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian, terutama jika digunakan sebagai pilihan tunggal untuk indeks status gizi.
baku LLA yang sekarang digunakan belum mendapat pengujian yang memadai untuk digunakan di Indonesia. Hal ini didasarkan pada hasil-hasil penelitian yang umumnya menunjukkan perbedaan angka prevalensi KEP yang cukup berarti antar penggunaan LLA di satu pihak dengan berat badan menurut umur atau berat menurut tinggi badan maupun indeks-indeks lain di pihak lain sekalipun terdapat korelasi statistik yang berarti antara indeks-indeks tersebut dengan LLA.
kesalahan pengukuran pada LLA (pada berbagai tingkat keterampilan pengukur) relative lebih besar dibandingkan dengan tinggi badan, mengingat batas antara baku dengan gizi kurang, lebih sempit pada LLA dari pada tinggi badan. Ini berarti kesalahan yang sama besar jauh lebih berarti pada LLA dibandingkan dengan tinggi badan.
lingkar lengan atas sensitive untuk suatu golongan tertentu (prasekolah), tetapi kurang sensitive pada golongan lain terutama orang dewasa. Tidak demikian halnya dengan berat badan.
o Lingkar Kepala
Lingkar kepala adalah standar prosedur dalam ilmu kedokteran anak secara praktis yang biasanya untuk memeriksa keadaan pathologi dari besarnya kepala atau peningkatan ukuran kepala. Contoh yang sering digunakan adalah kepala besar (hidroseffalus) dan kepala kecil (mikroseffalus).
Lingkar kepala terutama dihubungkan dengan ukuran otak dan tulang tengkorak. Ukuran otak meningkat secara cepat selama tahun pertama, akan tetapi besar lingkar kepala tidak menggambarkan keadaan kesehatan dan gizi. Bagaimanapun juga ukuran otak dan lapisan tulang kepala dan tengkorak dapat bervariasi sesuai dengan keadaan gizi. Dalam antropometri gizi, rasio lingkar kepala dan lingkar dada cukup berarti dan menentukan KEP pada anak. Lingkar kepala dapat juga digunakan sebagai informasi tambahan dalam pengukuran umur.
Alat yang sering digunakan dibuat dari serat kaca (fiberglass) dengan lebar kurang dari 1 cm, fleksible, tidak mudah patah. Pengukuran sebaiknya dibuat mendekati 1 desimal. Masalah yang dijumpai adalah mengenai Standard of Reference. Tulang tengkorak atau lingkar kepala sedikit banyak dipengaruhi oleh suku bangsa dan genetic, juga dipengaruhi oleh kebudayaan, seperti orang Amerika Utara, dimana kepala anak agak besar karena menderita penyakit tulang.
Lingkar Dada
Biasanya dilakukan pada anak yang berumur 2 sampai 3 tahun, karena rasio lingkar kepala dan lingkar dada sama pada umur 6 bulan. Setelah umur ini, tulang tengkorak tumbuh secara lambat dan pertumbuhan dada lebih cepat. Umur antara 6 bulan dan 5 tahun , rasio lingkar kepala dan dada adalah kurang dari satu, hal ini dikarenakan akibat kegagalann perkembangan dan pertumbuhan, atau kelemahan otot dan lemak pada dinding dada. Ini dapat digunakan sebagai indikator dalam menentukan KEP pada anak balita.
Jaringan Lunak
Otak, hati, jantung, dan organ dalam lainnya merupakan bagian yang cukup besar dari berat badan, tetapi relative tidak berubah beratnya pada anak malnutrisi. Otot dan lemak merupakan jaringan lunak yang sangat bervariasi pada penderi KEP. Antropometri jaringan dapat dilakukan pada kedua jaringan tersebut dalam pengukuran status gizi masyarakat.
Penelitian komposisi tubuh, termasuk informasi mengenai jumlah dan distribusi lemak sub-kutan (Sub-Cutaneous Fat), dapat dilakukan dengan bermacam metode :
Analisis kimia dan fisik (melalui analisis seluruh tubuh pada autopsy)
Ultrasonik
Densitometri (melalui penempatan air pada densitometer)
Radiological anthropometry (dengan menggunakan jaringan yang lunak)
Physical anthropometry (menggunakan skin fold calipers)
Dari metode tersebut di atas, hanya antropometri fisik yang paling sering atau praktis digunakan dilapangan. Bermacam-macam skin fold calipers telah ditemukan, tetapi pengalaman menunjukkan bahwa alat tersebut mempunyai standar atau jangkauan jepitan (20-40 mm2), dengan ketelitian 0,1 mm, tekanan yang konstan 10 gram/mm2 . jenis alat yang sering digunakan adalah Harpenden Calipers. 
Mengukur lipatan kulit (skin fold) terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan kulit dan lemak sub-kutan. Untuk tempat pengukuran tergantung dari tujuan penelitian, umur yang akan diperiksa (distribusi lemak berbeda menurut umur), jenis kelamin, daerah yang akan diukur, ketebalan relative sama dari lapisan kulit dan lemak, mudah dilaksanakan dan sopan. Sebaiknya diukur bagian-bagian tubuh bagian kiri.
Dalam survey yang berskala besar disarankan bahwa total lemak dalam tubuh dapat diukur dari pengukuran beberapa tempat seperti pada trisep, bisep dan subkapular serta suprailiaka.
Masalah yang dihadapi adalah peningkatan atau penurunan penyimpanan lemak di jaringan sub-kutan tidak sama pada seluruh permukaan tubuh. Oleh karena itu, kita harus memilih daerah yang praktis dan dapat memberikan petunjuk tentang persediaan energi. Untuk tujuan tersebut, baik orang kurus maupun orang gemuk, pengukuran pada trisep adalah yang paling praktis untuk semua umur. Pengukuran trisep tidak hanya berguna untuk menghitung indeks persediaan energi, tetapi memungkinkan sebagai dasar untuk menghitung ketebalan otot pada lengan lingkar atas. Pengukuran sebaiknya dilakukan tiga kali dan hasilnya dibuat rata-rata. Ketelitian sulit didapat karena peningkatan kepadatan dan edema.

INDEKS ANTROPOMETRI
Parameter antropometri merupakan dasar dari penilaian status gizi. Kombinasi antara beberapa parameter disebut indeks antropometri. Di Indonesia ukuran baku hasil pengukuran dalam negeri belum ada, maka untuk berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) digunakan baku Harvard yang disesuaikan untuk Indonesia (100% baku Indonesia = 50 persentil baku Harvard) dan untuk lingkar lengan atas (LLA) digunakan baku WOLANSKI.

Ambang batas baku untuk keadaan gizi berdasarkan indeks
Status Gizi BB/U TB/U BB/TB LLA/U LLA/TB

Gizi Baik > 80 % > 85% > 90% >85% >85%
Gizi Kurang 61 – 80 % 71 - 85% 81 – 90% 71 – 85% 76 – 85%
Gizi Buruk < 60% < 70% < 80% < 70% < 75% Dalam pengukuran indeks antropometri sering terjadi kerancuan, hal ini akan mempengaruhi interpretasi status gizi yang keliru. Masih banyak diantara pakar yang berkecimpung dibidang gizi belum mengerti makna dari beberapa indeks antropometri. Beberapa indeks antropometri yang sering digunakan yaitu Berat Badan menurut umur (BB/U), Tinggi Badan menurut Umur (TB/U), dan Berat Badan menurut Tinggi Badan (BB/TB). Perbedaan penggunaan indeks tersebut akan memberikan gambaran prevalensi status gizi yang berbeda. Sering muncul pertanyaan, kapan kita menggunakan indeks tersebut dan mana yang lebih sensitive ?. Berat Badan Menurut Umur (BB/U) Berat badan adalah salah satu parameter yang memberikan gambaran massa tubuh. Massa tubuh sangat sensitive terhadap perubahan-perubahan yang mendadak, misalnya karena terserang penyakit infeksi, menurunnya nafsu makan atau menurunnya jumlah makanan yang dikonsumsi. Berat badan adalah parameter antropometri yang sangat labil. Dala keadaan normal, dimana keadaan kesehatan baik dan keseimbangan antar konsumsi dan kebutuhan zat gizi terjamin, maka berat badan berkembang mengikuti pertambahan umur. Sebaliknya dalam keadaan yang abnormal, terdapat 2 kemungkinan perkembangan berat badan, yaitu dapat berkembang cepat atau lebih lambat dari keadaan normal. Berdasarkan karakteristik berat badan ini, maka indeks berat badan menurut umur digunakan sebagai salah satu cara pengukuran status gizi. Mengingat karakteristik berat badan yang labil, maka indeks BB/U lebih menggambarkan status gizi seseorang saat ini (current nutrition status). Kelebihan Indeks BB/U : a. lebih mudah dan lebih cepat dimengerti oleh masyarakat umum. b. Baik untuk mengukur status gizi akut atau kronis. c. Berat badan dapat berfluktuasi. d. Sangat sensitive terhadap perubahan-perubahan kecil. e. Dapat mendeteksi kegemukan (over weight) Kelemahan Indeks BB/U : Dapat mengakibatkan interprestasi status gizi yang keliru bila terdapat edema maupun asites. Di daerah pedesaan yang masih terpencil dan tradisional, umur sering sulit ditaksir secara tepat karena pencatatan umur yang belum baik. Memerlukan data umur yang akurat, terutama untuk anak dibawah usia lima tahun. Sering terjadi kesalahan dalam pengukuran, seperti pengaruh pakaian atau gerakan anak pada saat penimbangan. Secara operasional sering mengalami hambatan karena masalah sosial budaya setempat. Dalam hal ini orang tua tidak mau menimbang anaknya, karena dianggap seperti barang dagangan, dan sebagainya. ü Tinggi Badan Menurut Umur (TB/U) Tinggi badan merupakan antropometri yangmengambarkan keadaan pertumbuhan skeletal. Pada keadaan normal, tinggi badan tumbuh seiring dengan pertambahan umur. Pertumbuhan tinggi badan tidak seperti berat badan, relative kurang sensitive terhadap masalah kekurangan gizi dalam waktu pendek. Pengaruh defisiensi zat gizi terhadap tinggi badan akan nampak dalam waktu yang relative lama. Berdasarkan karakteristik tersebut di atas, maka indeks ini menggambarkan status gizi masa lalu. Beaton dan Bengoa (1973) menyatakan bahwa indeks TB/U disamping memberikan gambaran gizi masalalu, juga lebih erat kaitannya dengan status sosial ekonomi. Keuntungan Indeks TB/U : a. baik untuk menilai status gizi masa lampau b. ukuran panjang dapat dibuat sendiri, murah dan mudah dibawa. Kelemahan Indeks TB/U : tinggi ladan tidak cepat naik, bahkan tidak mungkin turun. Pengukuran relative sulit dilakukan karena anak harus berdiri tegak, sehingga diperlukan dua orang untuk melakukannya. Ketepatan umur sulit didapat. ü Berat Badan Menurut Tinggi Badan (BB/TB) Berat badan memiliki hubungan yang linear dengan tinggi badan. Dalam keadaan normal, perkembangan berat badan akan searah dengan pertumbuhan tinggi badan dengan kecepatan tertentu. Jellife pada tahun 1966 telah memperkenalkan indeks ini untuk mengidentifikasi status gizi. Indeks BB/TB merupakan indicator yang baik untuk menilai status gizi saat kini (sekarang). Indeks BB/TB adalah merupakan indeks yang independent terhadap umur. Keuntungan indeks BB/TB : tidak memerlukan data umur. Dapat membedakan proporsi badan (gemuk, normal, dan kurus). Kelemahan indeks BB/TB : tidak dapat memberikan gambaran, apakah anak tersebut pendek, cukup tinggi badan atau kelebihan tinggi badan menurut umurnya, karena faktor umur tidak dipertimbangkan. Dalam praktek sering mengalami kesulitan dalam melakukan pengukuran panjang/tinggi badan pada kelompok balita. Membutuhkan dua macam alat ukur. Pengukuran relative lebih lama. Membutuhkan dua orang untuk melakukannya. Sering terjadi kesalahan dalam pembacaan hasil pengukuran, terutama bila dilakukan oleh kelompok non-profesional. ü Lingkar Lengan Atas Menurut Umur (LLA/U) Lingkar lengan atas membrikan gambaran tentang keadaan jaringan otot dan lapisan lemak bawah kulit. LLA berkorelasi dengan indeks BB/U maupun BB/TB. Lingkar lengan atas merupakan parameter antropometri yang sangat sederhana dan mudah dilakukan oleh tenaga yang bukan professional. Kader Posyandu dapat melakukan pengukuran ini. LLA sebagaimana dengan berat badan merupakan parameter yang labil, dapat berubah-ubah dengan cepat. Oleh karena itu, LLA merupakan indeks status gizi masa kini. Perkembangan LLA yang besarnya hanya terlihat pada tahun pertama kehidupan (5,4 Cm), sedangkan pada umur 2 tahun sampai 5 tahun sengat kecil yaitu kurang lebih 1,5 cm per tahun dan kurang sensitive untuk usia selanjutnya. Indeks LLA sulit digunakan untuk memilah pertumbuhan anak. Pada usia 2 sampai 5 tahun perubahannya tidak nampak secara nyata, oleh karena itu LLA banyak digunakan dengan tujuan screening individu, tetapi dapat juga digunakan untuk pengukuran status gizi. Penggunaan LLA sebagai indicator status gizi, disamping digunakan secara tunggal, juga dalam bentuk kombinasi dengan parameter lainnya LLA/U dan LLA menurut tinggi badan yang juga sering disebut Quack Stick. Keuntungan Indeks LLA/U : a. indicator yang baik untuk menilai KEP berat. b. Alat ukur murah, sangat ringan, dan dapat dibuat sendiri. c. Alat dapat diberi kode warna untuk menemukan tingkat keadaan gizi, sehingga dapat digunakan oleh yang tidak dapat membaca dan menulis. Kelemahan Indeks LLA/U hanya dapat mengidentifikasi anak dengan KEP berat Sulit menentukan ambang batas. Sulit digunakan untuk melihat pertumbuhan anak terutama anak usia 2 sampai 5 tahun yang perubahannya tidak nampak nyata. ü Indeks Massa Tubuh (IMT) Masalah kekurangan dan kelebihan gizi pada orang dewasa (usia 18 tahun ke atas) merupakan masalah penting, karena selain mempunyai resiko penyakit-penyakit tertentu juga dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Oleh karena itu, pemantauan keadaan tersebut perlu dilakukan secara berkesinambungan. Salah satu cara adalah dengan mempertahankan berat badan yang ideal atau norma. Di Indonesia khususnya, cara pemantauan dan batasan berat badan normal orang dewasa belum jelas mengacu pada petokan tertentu. Sejak tahun 1958 digunakan cara perhitungan berat badan normal berdasarkan rumus : Berat badan normal = (tingi badan – 100) - 10% (tinggi badan -100) Atau 0,9 x (tinggi badan – 100) Dengan batasan : Nilai minimum : 0,8 x (tinggi badan – 100) Nilai maksimum : 1,1 x (tinggi badan – 100) Ketentuan ini berlaku umum bagi laki-laki dan perempuan. Berat badan yang berada di bawah batas minimum dinyatakan sebagai under weight atau ”kekurusan”, dan berat badan yang berada di atas batas maksimum dinyatakan sebagai over weight atau kegemukan. Orang-orang yang berada di bawah ukuran berat normal mempunyai resiko terhadap penyakit infeksi, sementara yang berada di atas ukuran normal mempunyai resiko tinggi terhadap penyakit degeneratif. Laporan FAO/WHO/UNU tahun 1985 menyatkan bahwa batasan berat badan normal orang dewasa ditentukan berdasarkan nilai Body Mass Index (BMI) / Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT merupakan alat yang sederhana untuk memantau status gizi orang dewasa khususnya yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihan berat badan, maka mempertahankan berat badan normal memungkinkan seseorang dapat mencapai usia harapan hidup lebih panjang. Penggunaan IMT hanya berlaku untuk orang dewasa berumur di atas 18 tahun. IMT tidak dapat diterapkan pada bayi, anak, remaja, ibu hamil dan olahragawan. Disamping itu pula IMT tidak bisa diterapkan pada keadaan khusus (penyakit) lainnya seperti adanya edema, asites dan hepotomegali. Batas ambang IMT ditentukan dengan merujuk ketentuan FAO/WHO, yang membedakan batas ambang untuk laki-laki dan perempuan. Batas ambang normal laki-laki adalah 20,1 – 25,0 dan untuk perempuan adalah 18,7 – 23,8. untuk kepentingan pemantauan dan tingkat defesiensi energi ataupun tingkat kegemukan, lebih lanjut FAO/WHO menyarankan menggunakan satu batas ambang antara laki-laki dan perempuan. Ketentuan yang digunakan adalah menggunakan ambang batas laki-laki untuk katagori kurus tingkat berat dan menggunakan ambang batas pada perempuan untuk kategori gemuk tingkat berat. Tebal Lemak Bawah Kulit Menurut Umur Pengukuran lemak tubuh melalui pengukuran ketebalan lemak bawah kulit (skin fold) dilakukan pada beberapa bagian tubuh, misalnya pada bagian lengan atas (triceps dan biceps), lengan bawah (forearm), tulang belikat (subscapular), ditengah garis ketiak (midaxillary), sisi dada (pectoral), perut (abdominal), suprailiaka, paha, tempurung lutut (suprapatellar), dan pertengahan tungkai bawah (medial calf). Lemak tubuh dapat diukur secara absolut dinyatakan dalam kilogram maupun secara relatif dinyatakan dalam persen terhadap berat tubuh total. Jumlah lemak tubuh sangat bervariasi tergantung jenis kelamin dan umur. Umumnya lemak bawah kulit untuk pria 3,1 kg dan pada wanita 5,1 kg. Rasio Lingkar Pinggang dengan Panggul Banyaknya lemak dalam perut menunjukkan ada beberapa perubahan metabolisme termasuk daya tahan terhadap insulin dan meningkatnya produksi asam lemak bebas, dibanding dengan banyaknya lemak bawah kulit atau pada kaki dan tangan. Perubahan metabolisme ini memberikan gambaran tentang pemeriksaan penyakit yang berhubungan denmgan perbedaan distribusi lemak tubuh. Untuk melihat hal tersebut, ukuran yang telah umum digunakan adalah rasio pinggang dengan pinggul. Pengukuran lingkar pinggang dan pinggul harus dilakukan oleh tenaga yang terlatih dan posisi pengukuran harus tepat. Perbedaan posisi pengukuran akan memnberikan hasil yang berbeda. Rasio lingkar pinggang dan pinggul untuk perempuan 0,77 dan 0,90 untuk laki-laki. Pada studi prospektif menunjukkan bahwa rasio pinggang dan pinggul berhubungan erat dengan kardiovaskuler. Rata-rata rasio lingkar pinggang dan pinggul penderita penyakit kardiovaskuler dengan orang yang sehat adalah 0,938 dan 0,925. BB/U Kebaikan: Baik untuk mengukur status gizi akut/kronis Berat badan dapat berfluktuasi Sangat sensitif terhadap perubahan-perubahan kecil Kelemahan : Umur sering sulit ditaksir secara tepat. TB/U Kebaikan : Baik untuk menilai gizi masa lampau Ukuran panjang dapat dibuat sendiri, murah, dan mudah dibawa Kelemahan : Tinggi badan tidak cepat naik, bahkan tidak mungkin turun Pengukuran relatif sulit dilakukan karena anak harus berdiri tegak, sehingga diperlukan 2 orang untuk melakukannya. Ketepatan umur sulit. BB/TB Kebaikan : Tidak memerlukan data umur Dapat membedakan proporsi badan (gemuk, normal dan kurus) Kelemahan : Membutuhkan 2 macam alat ukur Pengukuran relatif lebih lama Membutuhkan 2 orang untuk melakukannya LLA/U Kebaikan : Indikator yang baik untuk menilai KEP berat Alat ukur murah, sangat ringan, dapat dibuat sendiri Alat dapat diberi kode warna untuk menentukan tingkat keadaan gizi, sehingga dapat digunakan oleh orang yang tidak dapat baca tulis Kelemahan : Hanya dapat mengidentifikasi anak dengan KEP berat Sulit menentukan amabang batas. SURVEI KONSUMSI MAKANAN Survei diet atau penilaian konsumsi makanan adalah salah satu metode yang digunakan dalam penentuan status gizi perorangan atau kelompok. Pada awal tahun empat puluhan survei konsumsi, terutama metode Recall 24 jam banyak digunakan dalam penelitian kesehatan dan gizi. Banyak pengalaman membuktikan bahwa dalam melakukan penilaian konsumsi makanan (survei dietik) banyak terjadi bias tentang hasil yang diperoleh. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain : ketidak sesuaian dalam menggunakan alat ukur, waktu pengumpulan data yang tidak tepat, instrumen tidak sesuai dengan tujuan, ketelitian alat timbang makanan, kemampuan petugas pengumpul data, daya ingat responden, daftar komposisi makanan yang digunakan tidak sesuai dengan makanan yang dikonsumsi responden dan intepretasi hasil yang kurang tepat. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman yang baik tentang cara-cara melakukan survei konsumsi makanan, baik untuk individu, kelompok maupun rumah tangga. Walaupun data konsumsi makanan sering digunakan sebagai salah satu metode penentuan status gizi, sebenarnya survei konsumsi tidak dapat menentukan status gizi seseorang atau masyarakat secara langsung. Hasil survei hanya dapat digunakan sebagai bukti awal akan kemungkinan terjadinya kekurangan gizi pada sesorang. Status gizi adalah merupakan hasil akhir dari keseimbangan antara makanan yang masuk ke dalam tubuh (nutrient input) dengan kebutuhan tubuh (nutrient output) akan zat gizi tersebut. Kebutuhan tubuh akan zat gizi ditentukan oleh banyak faktor antara lain : tingkat metabolisme basal, tingkat pertumbuhan, aktivitas fisik, dan faktor yang bersifat relatif yaitu : gangguan pencernaan (ingstion), perbedaan daya serap (absorption), tingkat penggunaan (utilization), dan perbedaan pengeluaran dan penghancuran (excretion and destruction) dari zat gizi tersebut dalam tubuh. Tujuan Survei Konsumsi Makanan Tujuan Umum Secara umum survei konsumsi makanan dimaksudkan utnuk mengetahui kebiasaan makan dan gambaran tingkat kecukupan bahan makanan dan zat gizi pada tingkat kelompok, rumah tangga dan perorangan serta faktor-faktor yang berpengaruh terhadap konsumsi makanan tersebut. Tujuan Khusus Secara lebih khusus, survei konsumsi digunakan untuk berbagai macam tujuan antar lain : Menentukan tingkat kecukupan konsumsi pangan nasional dan kelompok masyarakat. Menentukan status kesehatan dan gizi keluarga dan individu. Menentukan pedoman kecukupan maknaan dan program pengadaa pangan. Sebagai dasar perncanaan dan program pengembangan gizi. Sebagai sarana pendidikan gizi masyarakat, khususnya golongan yang beresiko tinggi mengalami kekurangan gizi. Menentukan perundang-undangan yang berkenaan dengan makanan, kesehatan, dan gizi masyarakat. Metode Pengukuran Konsumsi Makanan Berdasarkan Jenis Data Yang Diperoleh Berdasarkan jenis data yang diperoleh, maka pengukuran konsumsi makan menghasilkan dua jenis data konsumsi, yaitu bersifat kualitatif, dan kuantitatif. Metode Kualitatif Metode yang bersifat kualitatif biasanya untuk mengetahui frekuensi maka, frekuensi konsumsi menurut jenis bahan makanan ddan menggali informasi tentang kebiasaan makan (food habits) serta cara-cara memperloleh bahan makanan tersebut. Metode-metode pengukuran konsumsi makanan bersifat kualitatif antara lain : Metode fekuensi makanan (food frequency) Metode dietary history Metode telepon Metode pedaftaran makanan (food list) Metode Kuantitatif Metode secara kuantitatif dimaksudkan untuk mengetahui jumlah makanan yang dikonsumsi sehingga dapat dihitung konsumsi zat gizi dengan menggunakan DKBM atau daftar lain yang diperlukan seperti Daftar ukuran Rumah Tangga (URT), Daftar Konversi Mentah – Masak (DKMM) dan Daftar Penyerapan Minyak. Metode –metode untuk pengukuran konsumsi secara kuantitatif antara lain : Metode recall 24 jam. Perkiraan makanan (estimated food record). Penimbangan makanan (food weighting). Metode food account Metode inventaris (invetory method). Pencatatan (household foodd record). Beberapa metode pengukuran bukan dapat menghasilkan data yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Metode tersebut antara lain : Metode recall 24 jam. Metode riwayat makan (dietry history) PEMERIKSAAN KLINIS Tanda-tanda klinis gizi kurang dapat merupakan indikator yang sangat penting untuk menduga defesiensi gizi. Hal ini mencakup kelambanan pertumbuhan dan perkemabngan yang dapat ditentukan dengan cara membandingkan seorang individu atau kelompok tertentu terhadap ukuran normal pada umumnya. Tanda-tanda klinis malnutrisi (gizi kurang) tidak spesifik, karena ada beberapa penyakit yang mempunyai gejala yang sama, tetapi penyebabnya berbeda. Oleh karena itu pemeriksaan klinis ini harus dipadukan dengan pemeriksaan lain seperti antropometri, laboratorium, dan survei konsumsi makanan, sehingga kesimpulan dalam penelitian status gizi dapat lebih tepat dan lebih baik. Kelainan atau gangguan yang terjadi pada kulit, rambut, mata, membran mukosa mulut, dan bagian tubuh yang lain dapat dipakai sebagai petunjuk ada tidaknya masalah gizi kurang. Meskipun demikian perlu diperhatikan bahwa tanda-tanda gizi kurang dapat saja tidak spesifik, karena tanda itu mungkin timbul bukan akibat kurang gizi, tetai mungkin disebabkan oleh faktor higiene dan sanitasi yang jelek, atau terkena panas sinar matahari. Penggunaan pemeriksaan klinis untuk mendeteksi defisiensi gizi mempunyai kelemahan bila diinterpretasikan hanya atas dasar data klinis saja. Oleh sebab itu, adanya dukungan pemeriksaan konsumsi pangan dan biokimia serta pemeriksaan yang lain sangat membantu dalam menilai keadaan gizi individu atau masyarakat. Walaupun demikian, pemeriksaan fisik sebaiknya merupakan bagian integral dari survei gizi karena : pemeriksaan fisik dapat mengungkapkan bukti adanya defesiensi gizi yang tidak akan terdeteksi dengancara survei konsumsi atau cara laboratorium. Walaupun hanya meliputi beberapa kasus saja, identifikasi memberikan tanda yang dapat digunakan untuk menentukan gizi kurang. Pemeriksaan fisik tidak dapat mengungkapkan tanda-tanda penyakit, diagnosa dan pengobatannya. Hal itu sangat berguna untuk penanganan selanjutnya. Pemeriksaan klinis (assesment clinic) secara umum terdiri dari dua bagian : Medical history (riwayat medis) yaitu catatan mengenai perkembangan penyakit. pemeriksaan fisik, yaitu melihat dan mengamati gejala gangguan gizi baik sign (gejala yang dapat diamati) dan sympton (gejala yang tidak dapat diamati, tetapi dirasakan oleh penderita gangguan gizi). KEKURANGAN ENERGI PROTEIN Kekurangan Energi Protein (KEP) adalah keadaan kurang gizi yang disebabkan oleh rendahnya konsumsi energi dan protein dalam makanan sehari-hari sehingga tidak memenuhi angka kecukupan gizi. Orang yang mengindap gejala klinis KEP ringan dan sedang pada pemeriksaannyatampak kurus. Namun gejala klinis KEP berat secara garis besar dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu : marasmus, kwashiorkor, dan marasmik-kwashiorkor. 1. Tanda-tanda Klinis Marasmus : * Anak tampak sangat kurus, tinggal tulang berbungkus kulit. * Wajah seperti orang tua, cengeng, dan rewel. * Kulit keriput, jaringan lemak subkutis sangat sedikit, bahkan sampai tidak ada. * Sering disertai diare kronik atau konstipasi/susah buang air, serta penyakit kronik. * Tekanan darah, detak jantung, dan pernafasan berkurang. Kwashiorkor : adanya oedema terutama pada kaki. Wajah membulat dan sembab Otot-otot mengecil, lebih nyata apabila diperiksa pada posisi berdiri dan duduk, anak berbaring terus-menerus. Perubahan status mental : cengeng, rewel, kadang apatis. Anak sering menolak segala jenis maknan (anoreksia) Pembesaran hati Sering disertai infeksi, anemia, dan diare/mencret. Rambut berwarna kusam dan mudah dicabut Gangguan kulit berupa bercak merah yang meluas dan berubah menjadi hitam terkelupas (crazy pavement dermatosis). Pandangan mata anak nampak sayu. Marasmus-Kwashiorkor Tanda-tanda marasmic-kwashiorkor adalah gabungan dari tanda-tanda yang ada pada maarasmus dan kwashiorkor yang ada. 2. Metode Penentuan Untuk mendeteksi KEP, maka yang dilakukan pemeriksaan (inspeksi) terhadap target organ yang meliputi : * Kulit seluruh tubuh terutama wajah, tangan dan kaki. * Otot-otot * Rambut * Mata * Hati * Muka * Gerakan motorik 3. Interpretasi Apabila dalam pemeriksaan fisik pada anak target organ banyak mengalami perubahan sesuai dengan tanda-tanda klinis yang KEP, maka ada petunjuk bahwa anak tersebut kemungkinan besar menderita KEP. Meskipun demikian perlu dicermati bahwa penilaian KEP masih memerlukan pengamatan lebih lanjut apakah termasuk marasmus, kwashiorkor, atau marasmus-kwashiorkor sesuai dengan tanda-tanda yang lebih spesifik. ANEMIA GIZI BESI Anemia adalah keadaan dimana kadar hemoglobin darah kurang daripada kadar normal. Tanda-tanda Klinis Gejala / tanda-tanda : o Lelah, letih, lesu, lemah o Bibir nampak pucat o Nafas pendek o Lidah licin o Denyut jantung meningkat o Susah buang air besar o Nafsu makan berkurang o Kadang-kadang pusing o Mudah mengantuk Metode Penentuan Untuk mendeteksi AGB maka perlu dilakukan pemeriksaan yang meliputi : mata, kuku, bibir, dan lidah. Interpretasi Apabila dalam pemeriksaan fisik pada anak target organ banyak mengalami perubahan sesuai dengan tanda-tanda klinis anemia gizi besi, maka ada petunjuk bahwa kemungkinan besar anak tersebut menderita AGB. GANGGUAN AKIBAT KURANG YODIUM (GAKY) Gangguan akibat kurang yodium tidak hanya menyebabkan pembesaran kelenjar gondok tetapi juga berbagai macam gangguan lain. Kekurangan yodium pada ibu yang sedanghamil dapat nerakibat abortus, lahir mati, kelainan bawaan pada bayi, meningkatnya angka kematian pranatal, melahirkan bayi kretin. Kekurangan yodium yang diderita anak-anak menyebabkan pembesaran kelenjar gondok, gangguan fungsi mental, dan perkembangan fisik. Pada orang dewasa berakibat pada pembesaran kelenjar gondok, hipotiroid, dan gangguan mental. Kekurangan yodium pada tiingkat berat dapat mengakibatkan cacat fisik dan mental seprti tuli, bisu tuli, pertumbuhan badan terganggu, badan lemah, kecerdasan dan perkembangan mental terganggu. Akibat yang sangat merugikan adalah lahirnya anak kretin. Kretin adalah keadaan seseorang yang lahir di daerah endemik dan memiliki dua atau lebih kelainan-kelainan : satu perkembangan mental terhambat. Pendengaran terganggu dan dapat menjadi tuli. Perkembangan syaraf penggerak terhambat, bila berjalan langkahnya khas, mata juling, gangguan bicara sampai bisu dan refleks fisiologi yang meninggi. Istilah gondok endemik digunakan jika suatu daerah ditemukan banyak penduduk yang mengalami pembesaran kelenjar gondok. Kriteria daerah endemik menurut Depkes adalah ; Kretin endemik terdapat di daerah gondok endemik. Kelainan kretin terjadi pada waktu bayi dalam usia kandungan atau tidak lama setelah diantarkan dan terdiri atas kerusakan pada syaraf pusat dan hipotiroidisme. Kerusakan syaraf pusat bermanifestasi dengan : retardasi mental gangguan pendengaran sampai bisu tuli gangguan neuromotor, seperti gangguan bicara , cara jalan, dll. Hipotiroid dengan gejala ; 1. Mixedoma pada hipotiroidisme berat 2. Tinggi badan yang kurang, cebol (stunted growth) dan osifikasi terlambat 3. Pada pemeriksaan darah ditemukan kadar hormon tiroid rendah. Tanda-tanda klinis Dalam rangka penentuan pembesaran kelenjar gondok, maka metode yang digunakan adalah pengamatan dan palpasi (perabaan). Metode inspeksi (pengamatan) digunakan sebagai lat untuk menduga apakah ada pembesaran atau tidak, sedangkan untuk mengkonfirmasi apakah pembesaran betul-betul pembesaran kelenjar gondok, maka perlu dilakukan palpasi, sehingga palpasi disebut juga sebagai alat konfirmasi. KEKURANGAN VITAMIN A Penyakit mata yang diakibatkan kekurangan vitamin A disebut xerophtalmia. Penyakit ini merupakan penyebab kebutaan yang paling sering terjadi pda anak-anak di Indonesia yang umumnya terjadi pada usia 2 – 3 tahun. Hal ini karena setelah disapih anak tidak diberi makanan yang memenuhi syarat gizi, sementara anak itu belum bisa mengambil makanan sendiri. Gejala xerophtalmia terbagi dua, yaitu : keadaan yang reversibel yaitu yang dapat sembuh : a. Buta senja (hemero;opia) (klas KVA : XN) b. Xerosis conjuctiva (Konjungtiva mengering) : yaitu terdapatnya satu atau lebih bintik-bintik konjungtiva yang kering dan tidak dapat dibasahi. Keadaan ini bisa dijelaskan sebagai munculnya segundukan pasir pada air pasang yang kembali surut. c. Xerosis kornea (kornea mengering) : keadaan kekurangan vitamin A yang makin parah, bintik-bintik luka menjadi bertambah padat dan tersebar ke atas dan mungkin meliputi seluruh kornea. Kornea pada kondisi ini memiliki rupa yang kering berkabut jika diuji dengan lampu tangan. (klas KVA : X2) d. Bercak bitot. Bercak bitot dan konjungtiva mengering (bitots spot + conjunctiva xerosis) adalah suatu bentukan yang berwarna abu-abu kekuningan yang bentuknya seperti busa sabun, yaitu keadaan bergelembung atau seperti keju yang terdiri dari sewl-sel epitel konjungtiva yang mengeras dan bersisik melapisi sebagian atau seluruh permukaaan yang kering, membentuk noda-noda bitot. (Klas KVA : X1B) keadaam yang ireversibel yaitu keadaan yang agak sulit sembuh : e. Ulserasi kornea (+ kornea mengering) : keadaan kekurangan vitamin A yang lebih parah lagi dari kornea mengering yang mengakibatkan kehilangan frank epithelial dan ulserasi stroma baik dengan ketebalan sebagian maupun seluruhnya. Tukak yang berlubang mungkin menjadi tersumbat dengan iris dan sembuh sebagai leukoma. (klas KVA : X3A). f. Keratomalasia : semua kornea dan konjungtiva menjadi satu menebal sehinga kadang-kadang bola mata menjadi rusak bentuknya. Keadaan perlunakanlimbus to limbus cornea. Biasanya terjadi dengan adanya gabungan kekurangan protein dan vitamin A. (klas KVA : X3B). Kelas KVA XS : Parut kornea (cornea scars) akibat sembuh dari luka. Kelas KVA XF : Xerophtalmia fundus, terjadinya noda-noda putih yang menyebar di seluruh fundus. KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN PEMERIKSAAN KLINIS Keunggulan Pemeriksaan : Pemeriksaan klinis relatif murah tidak memerlukan biaya terlalu besar. Dalam pelaksanaannya, pemeriksaan tidak memerlukan tenaga khusus tetapi tenaga paramedis bisa dilatih. Sederhana,cepat, dan mudah diinterpretasikan. Tidak memerlukan peralatan yang rumit. Keterbatasan Pemeriksaan : Beberapa gejala klinis tidak mudah dideteksi sehingga perlu orang-orang yang ahli dalam menentukan gejala klinis tersebut. Namun demikian, para tenaga medis dapat dilatih untuk melakukan pemeriksaan klinis. Gejala klinis tidak bersifat spesifik, terutama pada penderita KEP ringan dan sedang. Hal ini dikarenakan ada gejala klinis penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi lebih dari satu zat gizi.gejala klinis yang sama adakalanya disebabkan bukan hanya disebabkan oleh satu macam zat gizi saja, contoh : beberapa gejala klinis adakalanya disebabkan bukan karena faktor gizi, seperti bercak bitot yang dapat pula disebabkan karena udara, atau heriditer. Adanya gejala klinis yang bersifat multipel. Penyakit kulit akibat defesiensi satu macam vitamin biasanya tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan bagian defesiensi vitamin dan mineral serta zat gizi lainnya. gejala klinis dapat terjadi pada waktu permulaan kekurangan zat gizi dan dapat juga terjadi pada saat akan sembuh. Hematomegali (pembesaran hati), sebagai contoh dapat terjadi pada keadaan malnutrisi awal dan terjadi juga pada masa penyembuhan. Adanya variasi dalamgejala klinis yang timbul. Hal ini karena satu gejala klinis bisa dipengaruhi beberapa faktor seperti genetik, lingkungan, kebiasaan, dan lain-lain. PENILAIAN STATUS GIZI SECARA BIOKIMIA Pemeriksaan biokimia dalam penilaian status gizi memberikan hasil yang lebih tepat dan obyektif daripada menilai konsumsi pangan dan pemeriksaan lain. Pemeriksaan biokimia yang sering digunakan adalah teknik pengukuran kandungan berbagai zat gizi dan substansi kimia lain dalam darah dan urine. Hasil pengukuran tersebut dibandingkan dengan standar normal yang telah ditetapkan. Adanya parasit dapat diketahui melalui pemeriksaan feses, urine, dan darah, karena kurang gizi sering berkaitan dengan prevalensi penyakit karena parasit. Dalam berbagai hal, pemeriksaan biokimia hanya dapat diperoleh dirumah sakit atau pusat kesehatan. Keadaan ini, memberi gambaran bahwa sarana yang tersedia tidak dapat dijangkau oleh penduduk yang tinggal di daerah yang jauh dari sarana tersebut. Meskipun demikian, pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara memeriksa contoh darah, urine, dan feses yang dikumpulkan oleh keluarga di daerah tersebut, perawat, atau petugas kesehatan lain dan dibawa ke laboratorium untuk dianalisis. PEMERIKSAAN BIOKIMIA ZAT GIZI Penilaian Status Zat Besi Ada beberapa indikator laboratorium untuk menentukan status besi : a. Hemoglobin (Hb) b. Hematokrit c. Besi serum d. Ferritin serum (Sf) e. Transferrin saturation (TS) f. Free arytrocytes protophophyrin ((FEP) g. Unsaturated iron-binding capacity serum Penilaian Status Protein Protein dalam darah mempunyai peranan fisiologis yang penting bagi tubuh, antara lain : Untuk mengatur tekanan air, dengan adanya tekanan osmose dari plasma protein. Sebagai cadangan protein tubuh. Untuk mengontrol perdarahan (terutama dari fibrinogen). Sebagai transport yang penting untuk zat-zat gizi tertentu. Sebagai antibodi dari berbagai penyakit terutama dari gamma globulin. Untuk mengatur aliran darah dalam membantu bekerjanya jantung. Di dalam darah ada 3 fraksi protein yaitu : - Albumin : kadar normalnya = 3,5 – 5 gram / 100 ml - Globulin : kadar normalnya = 1,5 – 3 gram / 100 ml - Fibrinogen : kadar normalnya = 0,2 – 0,6 gram / 100 ml Pemeriksaan biokimia terhadap status protein dibagi dalam 2 bagian pokok, yaitu penilaian terhadap somatic protein dan visceral protein. Perbandingan somatic dan visceral dalam tubuh antara 75 % dan 25 %. Somatic protein terdapat pada otot skeletal, sedangkan visceral protein terdapat di dalam organ/visceral tubuh yaitu hati, ginjal, pankreas, jantung, erytrocyt,granulocyt, dan lympocyt. Konsentrasi serum protein dapat digunakan utnuk mengukur status protein. Penggunaan pengukuran status protein ini didasarkan pada asumsi bahwa penurunan serum protein disebabkan oleh penurunan produksi dalam hati. Penentuan serum protein dalam tubuh meliputi : Albumin, Transferin, Prealbumin (yang dikenal juga dengan transthyertin dan thyroxine-binding prealbumin), Retinol binding protein (RBP), insulin-Like Growth Factor-1 dan fibronectin. Penilaian Status Vitamin Penilaian status vitamin yang terkait dengan penentuan status gizi meliputi penentuan kadar vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, vitamin B12. 1. Vitamin A Deplesi vitamin A dalam tubuh merupakan proses yang berlangsung lama, dimulai dengan habisnya persediaan vitamin A dalam hati, kemudian menurunnya kadar vitamin A plasma, dan baru kemudian timbul disfungsi retina, disusul dengan perubahan jaringan epitel. Kadar vitamin A dalam plasma tidak merupakan kekurangan vitamin A yang dini, sebab deplesi terjadi jauh sebelumnya. Apabila sudah terdapat kelainan mata, maka kadar vitamin A serum sudah sangat rendah (kurang dari 5 ug/100ml), begitu juga kadar RBP nya (< 20ug/100ml) konsentrasi vitamin A dalam hati merupakan indikasi yang baik untuk menemukan status vitamin A. Akan tetapi, biopsi hati merupakan tindakan yang mengandung resiko bahaya. Disamping penemuan kadar vitamin A jaringan tidak mudah dilakukan. Umumnya konsentrasi vitamin A penderita KEP rendah yaitu < 15 ug/gram jaringan hepar. 2. Vitamin D Kekurangan vitamin D ini dapat mengakibatkan penyakit rakhitis dan kadang-kadang tetani. Apabila kekurangan terjadi pada masa pertumbuhan akan timbul osteomalasia. Sangat jarang ditemukan rakitis bawaan, insiden tertinggi terdapat pada umur 18 tahun. Kekurangan vitamin D timbul kalsifikasi tulang yang tidak normal disebabkan oleh rendahnya saturasi kalsium dan forfor dalam cairan tubuh. Keadaan resorpsi tulang akan melebihi pembentukannya hingga menyebabkan demineralisasi umum pada arangka yang berakibat menjadi lunaknya tulang-tulang serta deformitas torax, tulang punggung, pelvis, dan tulang-tulang panjang. Beberapa zat yang berhubungan dengan aktivitas vitamin D : Vitamin D2 (ersokalsiferol) yang dihasilkan oleh radiasi ersoterol (dalam tumbuh-tumbuahan secara artifisial dengan sinar ultra violet. Vitamin D3 (kolekalsiferol) yang dihasilkan oleh radiasi pada kulit manusia dengan komponen ultraviolet sinar matahari dan juga terdapat secara alamiah pada sumber makanan hewani. Kolekalsiferol dikonversi di dalam hati dan mungkin unsur menjadi 25 (OH) kolekalsiferol. Pada pemeriksaan biokimia penderita rakhitis ditemukan hasil : 1. Kadar kalsium serum normal atau lebih. 2. Kadar fosfor rendah. 3. Kadar fosfatase meninggi. 4. Kadar 25 (OH) vitamin D di bawah 4 mg/ml. 3. Vitamin E defesiensi vitamin E jarang sekali ditemukan oleh sebab makanan sehari-hari mengandung cukup E.namun demikian kita harus tetap waspada adanya kemungkinan keadaan subklinis,misalnya pada bayi berat badan lahir rendah dimana transfer vitamin E melalui plasenta tidak efesien. Gangguan yang dapat dilihat karena kekurangan vitamin E adalah hemolisis dan mengurangnya umur hidup eritrosit penelitian pada binatang percobaan didapatkan bahwa defesiensi vitamin E menyebabkan kemandulan baik pada jantan dan betina. Gangguan lain adalah distrofit otot dan kelainan syaraf pusat (ensefalomalasia). 4. Vitamin C Vitamin C diperlukan pada pembentukan zat kolagen oleh fibroblast hingga merupakan bagian dalam pembentukan zat intersel. Keadaan kekurangan vitamin C akan mengganggu integrasi dinding kapiler. Vitamin C diperlukan juga pada proses pematangan eritrosit dan pada pembentukan tulang dan dintin. Vitamin C mempunyai peranan penting pada respirasi jaringan. Pada skurvy (kekurangan vitamin C pertumbuhan anak terganggu dan timbul pendarahan kapiler dimana-mana,terutama di daerah periostiumdekat ujung tulang panjang. Kadang-kadang terdapat pendarahan gusi dan ekimosis ditempat lain. Pada waktu anak dilahirkan persediaan vitamin C dalam tubuh cukup banyak, maka kejadian infantiieskurvy kebanyak terjadi pada usia 6 – 12 bulan. Pada umur 1 tahun umumnya anak sudah dapat diet yang lebih bervariasi hingga angka kejadian menurun. Gejala-gejala yang menonjol adalah : Cengeng / mudah marah. Rasa nyeri pada tungkai bawah. Pseudoparalisis tungkai bawah, sedangkan tungkai atas jarang terserang. 5. Vitamin B1 (Thiamin) Kekurangan thiamin merupakan penyebab penyakit beri-beri. Bila mana diet wanita yang sedang hamil tidak cukup mengandung vitamin B1, maka anak yang dilahirkan dapat menderita penyakit beri-beri bawaan atau gejala beri-beri dapat timbul pada anak yang sedang disusui penyakit demikian dapat pula timbul pada anak dengan gastro-enteritis menahun. Gejala pada bayi, anak, dan orang dewasa pada umumnya sama. Manifestasi penting berupa kelainan syaraf, mental, dan jantung. Kadang-kadang ditemukan kasus beri-beri bawaan dan jika ada gejala klinis timbul pada umur triwulan pertama. Gejala yang terjadi adalah : 1. Beri-beri infatil umumnya ditemukan dalam keadaan akut. Gejala prodomalnya ringan saja atau tidak nampak sama sekali. Anak yang kelihatan sehat selama 1 atau 2minggu tidak menunjukkan kenaikan berat badan, tampak kadang-kadang gelisah,menderita pilek atau diare. Kelainan pada jantung datangnya tiba-tiba dengan takikardia dan dispne yang dapat mengakibatkan kematian mendadak. Pada pemeriksaan ditemukan jantung yang membesar terutama bagian kanan. Paru-paru menunjukkan tanda kongesti, kadang-kadang terdapat edema bilamana ada oliguria atau anuria. Pada kasus yang lebih menahun terdapat edema yang jelas, sering ditemukan efusi perikardial dan kadang-kadang sites. Muntah merupakan gejala yang sering ditemukan. Sistem saraf tidak banyakmengalami banyak perubahan, hanya atonia tampak nyata, refleks lutut mungkin negatif, meninggi atau tidak berubah dan ada kalanya terdapat kejang-kejang. 2. Kasus menahun sering ditemukan pada anak yang lebih besar 9late infacy childhood). Penderita demikian umumnya lebih kecil dibandingkan anak sehat, gizinya kurang dan terdapat edema. Sering-sering gejala yang menarik adanya afonia disebabkan oleh edema pita suara, perut membuncit oleh meteorismus. Paralisis seperti ditemukan pada beri-beri orang dewasa jarang terlihat pada anak walaupun atonia tampak jelas dan refleks lutut berkurang atau menghilang. 6. Riboflavin (B2) Riboflavin atau vitamin B2 dapat dilarutkan dalam air dan berwarna kuning berfluoresensi, tahan panas dan asam, akan tetapi mudah dihancurkan oleh sinar dan media lindi. Vitamin B2 terdapat di mana-mana dalam alam. Daging, hati, ragi, keju, telur dan sayur-mayur berupa daun merupakan sumber vitamin B2 yang baik. Susu sapi mengandung lebih kurang 5 kali lebih banyak vitamin B2 dibandingkan dengan ASI. Bagi mereka yang biasa minum susu banyak, kebutuhan B2 dapat dipenuhi dengan 1 liter susu seharinya. Padi-padian pada umumnya tidak mengandung banyak riboflavin. Riboflavin mudah diserap oleh saluran pencernaan dan berfungsi sebagai koenzim daripada enzim pernafasan penting flavoprotein. Kekurangan vitamin B2 biasanya ariboflavinosis merupakan penyakit penyerta pada penyakit kekurangan lain. Pada penderita KEP berat tidak pula ditemukan tanda-tanda kekurangan vitamin B2, seperti retak-retak pada sudut mulut, lidah yang merah jambu dan licin. Gejala yang terjadi akibat kekurangan vitamin B2, akan timbul : Makanan sehari-hari tidak cukup mengandung vitamin B2. Penyerapan dan pengolahan makanan tidak normal, misalnya paada gastroenteritis, dekompensasi jantung, sirosis hati, nefritis, dan sebaginya. Keperluan vitamin B2 meningkat, misalnya pada pertumbuhan yang cepat, wanita hamil atau yang menyusui, penderita hipertiroidisme, suhu tubuh yang tinggi Urine 24 jam yang mengandung riboflavin kurang dari 50 mg merupakan indikasi adanya kekurangan vitamin B2 dan biasanya sudah disertai gejala klinisnya. 7. Niasin Niasin dikenal juga sebagai pellagra preventive factor, oleh karena kekurangan niasin dalam makanan akan menyebabkan suatu penyakit pellagra (kulit kasar). Gejala-gejala pellagra dikenal sebagai 3D yaitu dermatitis (radang pada kulit), diare, dan dimensia (kemunduran fungsi otak). Di dalam tubuh niasin dapat dibentuk dari asam amino triptophan. Ekskresi dari niasin dalam bentuk nicotinic acid bebas, niasinamida, nicotinuric acid, N-metil nicotinamid, N-metil nicotin acid, konjungasi dengan glisin. 8. Vitamin B6 Vitamin B6 bentuk aktifnya adalah 2 macam yaitu pyridoxal phospahat dan pyridoxamine phosphat. Beberapa substansi kimiawi yang tergolong ke dalam vitamin B6 adalah pyridoxin, pirydoxal, dan pyridoxamin. Fungsi vitamin B6 adalah : Konenzim dari beberapa enzim. Mempengaruhi pemasukan asam amino ke dalam sel. Penting untuk fungsi normal dari susunan saraf pusat dan susunan saraf tepi. Gejala-gejala kekurangan vitamin B6 berupa dermatitis dan aerodynia (dermatitis yang terjadi secara simetris dan terutama terdapat di berbagai tempat di kepala). Dalam keadaan kekurangan akan ditemukan piridoksin plasma di bawah 25 mg/ml dan piridoksin dalam urin 24 jam di bawah 20 mg untuk setiap gram kreatin, dan asam piridoksin di bawah 0,5 mg. 9. Vitamin B12 
vitamin B12 disebut juga sianocobalamin atau cobalamin merupakan vitamin yang bermanfaat untuk pengobatan penyakit anemia pernisiousa. Fungsi dari vitamin B12 perlu untuk metil group metabolisme, dan juga perlu untuk metabolisme protein. Vitamin B12 merupakan vitamin antianemia dalam faktor ekstrinsik. Getah lambung normal mengandung substansi yang diberi nama faktor intrinsik dan beraksi dengan faktor ekstrinsik.
Pada anemia pernisiousa biasanya faktor intrinsik tidak terdapat pada getah lambung.walaupun daging mengandung vitamin B12 namun tidakdapat dipergunakanoleh penderita anemia pernisiousa karena tidak terdapatnya faktor intrinsik. Vitamin B12 terikat pada protein dan hanya dapat dilepaskan oleh faktor intrinsik untuk kemudian diserap.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Amal Aja - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger