KODE SOAL : 15
1.
Jelaskan
secara terperinci tentang Teknologi Informasi.
Teknologi
informasi, secara verbatim
terdiri dari kata teknologi dan informasi. Teknologi
atau technology, secara umum merupakan
salah satu bentuk aplikasi ilmu pengetahuan, dimana ilmu pengetahuan yang
sejatinya bersifat teoritis (dalil) kemudian diterapkan ke dalam bentuk praktis
sehingga dapat lebih mudah dimanfaatkan. Teknologi dapat berbentuk tetapi tidak
terbatas pada metode-metode, tata laksana, tata cara dan lain sebagainya, ciri
utama teknologi diantaranya mudah digunakan atau dimanfaatkan, bersifat
kebaharuan, mutakhir, senantiasa memanfaatkan sumber-sumber yang ada. Informasi merupakan sederetan data yang
terstruktur hasil pengolahan, yang dimulai dari data mentah (raw data) kemudian
di proses / dilakukan pengolahan sampai pada tahap penyajian data yang berupa
keterangan atau interpretasi data,
sehingga keterangan tersebut dapat bermanfaat bagi pihak yang berkepentingan
terhadap keterangan tersebut. Oleh karena itu, dapatlah disimpulkan bahwa Teknologi Informasi secara umum berhubungan
dengan tata cara penerapan, pengolahan dan penyajian suatu data, atau fakta atau
keterangan yang aktual dengan memanfaatkan sumber-sumber yang ada.
Lebih lanjut Haag dan Keen
(1996) menyebutkan bahwa “Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang
membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan
dengan pemrosesan informasi”.
Dari definisi di atas diketahui
bahwa teknologi informasi sangat erat hubungannya dengan pemanfaatan
sumber/media. Hal ini ditegaskan oleh Martin (1999) yang menyebutkan bahwa
“Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer yang
digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup
teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi”. Dengan demikian, dapatlah
kita ketahui bahwa berbicara tentang teknologi informasi tidak mungkin dapat
terlepas dari teknologi computer dan teknologi telekomunikasi.
Computer sebagai media
pengolah data mentah menjadi informasi dan teknologi komunikasi sebagai metode
penyampaian informasi hasil pengolahan program computer. Dalam melakukan
pengolahan data tidak terlepas dari langkah record
(mencatat data), store (menyimpan
data), Process (mengolah data), retrieve (mengambil kembali), transmit (mengirimkan data), dan receive (menerima data). Rangkaian
langkah tersebut dapat dilakukan sekaligus oleh perangkat computer
Perkembangan
teknologi informasi dewasa ini sangatlah pesat. Dahulu sejak
manusia mengenal bahasa dapat menyebarkan informasi melalui penyampaian pesan
dari orang ke orang secara lisan, kemudian dengan kemampuan akal manusia
teknologi penyampaian informasi jarak jauh secara sederhana diciptakan, mulai
dari yang sangat tradisional seperti kentongan, surat, sampai dengan
menggunakan perangkat elektronika seperti telegram, telegraf, radio, telepon,
televisi, email, handphone dan sampai menggunakan jaringan secara global yaitu
internet. Dimana setiap perangkat yang digunakan memiliki kapasitas dan
segmentasi tersendiri, baik dari segi luasnya jangkauan sampai banyaknya
audiens yang dapat ditembus. Salah satu contoh yang dikemukakan Morgan Stanley
“Untuk mencapai 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang dibutukan
televisi selama 13 tahun, Tv Kabel selama 10 tahun dan melalui internet hanya
dibutuhkan waktu 5 tahun saja. Dengan demikian laju perkembangan teknologi informasi
sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi computer dan teknologi
komunikasi.
Perkembangan
teknologi informasi sangat terasa manfaatnya di berbagai bidang,
baik di bidang kesehatan, industry, pendidikan dan bidang-bidang lainnya. Di
bidang broadcasting, system informasi
berperan sangat penting, dimana salah satu implentasi teknologi informasi yaitu
dengan adanya VCR yang mampu merekam tayangan tv, system seperti itu dinamakan embedded
IT syste, di bdang perbankan
dapat ditemui aplikasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau sering disebut Automatic Teller Machine yang menerapkan teknologi dedicated IT system dan
yang paling popular serta banyak digunakan ialah system teknologi informasi yang
dapat digunakan secara umum, (Portabble Computer) atau dalam istilah asing general
purpose IT system, dimana system tersebut merupakan system serbaguna
yang dapat digunakan diseluruh bidang, baik dalam pengerjaan tugas-tugas
perkantoran, pemrograman, sebagai Server
atau Client dalam system computer
jaringan, maupun digunakan secara individual.
Komputer PC untuk individual
memiliki ukuran yang kecil sehingga sering disebut dengan microcomputer, sedangkan untuk keperluan yang lebih besar
memerlukan komputer yang memiliki kemampuan, kecepatan dan aksesibilitas yang lebih
besar, misalnya dengan menggunakan workstation,
minicomputer, mainframe atau dengan menggunakan supercomputer.
Berdasarkan mekanismenya
operasionalnya, secara umum teknologi informasi dapat digolongkan menjadi
beberapa kelompok, yaitu:
- Teknologi Informasi yang dijalankan secara manual, dimana pemanfaatan teknologi pada level ini seluruhnya masih menggunakan tenaga tangan manusia.
- Teknologi informasi yang dijalankan secara mekanik, dimana pemanfaatan teknologi pada level ini sudah menggunakan alat bantu/mesin manual/mekanik yang pengoperasiannya masih menggunakan tangan secara manual.
- Teknologi informasi yang dijalankan dengan mesin secara mekanik elektronik, dimana pada level ini sudah menggunakan perpaduan mesin mekanik dan dibantu oleh rangkaian elektronik/ motor elektronik sehingga penggunaan tenaga manusia lebih sedikit.
- Teknologi informasi yang dijalankan dengan elektronik secara penuh, pada level ini peralatan yang digunakan sudah benar-benar sepenuhnya menggunakan elektronika disertai program-program aplikasi sehingga sepenuhnya dlaksanakan oleh perangkat tsb.
Teknologi informasi bisa
dikatakan sebagai suatu system
dimana system tersebut dibangun oleh beberapa sub-sistem yang dalam
pengoperasiannya saling berkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan.
Yang termasuk kedalam sub-sistem teknologi informasi antara lain :
- Teknologi Komunikasi, yaitu teknologi atau peralatan yang biasa digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Contohnya : telepon, handphone, televise, radio, dll.
- Teknologi Masukan, yaitu perangkat yang biasa digunakan untuk melakukan input data, Contoh: Keyboard, Mouse, scanner, kamera, dll
- Teknologi Keluaran, yaitu perangkat yang digunakan untuk menyajikan informasi atau output dari hasil pengolahan suatu system. Contoh : Printer, Monitor, Projector, dll.
- Teknologi Perangkat Lunak, yaitu serangkaian instruksi yang digunakan untuk mengendalikan kerja computer sehingga mampu melakukan tindakan sesuai dengan yang dikehendaki penggunanya. Contoh: Microsoft Office, Macromedia Dreamweaver, dll.
- Teknologi Penyimpanan, yaitu seperangkat alat keras / hardware yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan hasil pengolahan yang dilaksanakan oleh perangkat lunak. Contoh: RAM, ROM, Harddisk, dll
- Teknologi Pemrosesan, yaitu suatu mesin pemroses yang merupakan salah satu inti komponen dari computer yang berfungsi untuk melakukan pemrosesan data atau perintah, komponen tesebut biasanya disebut dengan processor, microprocessor atau Central Processing Unit (CPU).
Secara
singkat, komponen system teknologi informasi dikelompokkan menjadi hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan bainware (otak manusia sebagai
programmer, pengelola dan pengguna).
2.
Jelaskan
secara terperinci pengertian Komputer
Komputer diambil dari bahasa latin yaitu
“computare” yang berarti menghitung
atau dalam bahasa inggris to compute.Mengutip pengertian komputer menurut
Larry Long dan Nancy Long bawa komputer adalah sebuah alat elektronik yang
dapat menterjemahkan (interpret) dan mengeksekusi perintah-perintah yang
terprogram sebagai input, output, perhitungan dan operasi logika, secara
teknikal sangat komplek tetapi secara konsep cukup sederhana. Dahulu komputer hanya digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan penghitungan angka-angka saja, namun seiring dengan perkembanngan teknologi dan kebutuhan manusia yang sangat kompleks, kemudian komputer dikembangka secara bertahap dari generasi ke generasi hingga sampai saat ini kemajuan teknologi yang terdapat dalam komputer sudah hampir dapat mewakili semua pekerjaan manusia. Dahulu komputer besarnya lebih dari sebuah rumah namun kini komputer sudah lebih kecil. Komputer PC untuk individual
memiliki ukuran yang kecil sehingga sering disebut dengan microcomputer, sedangkan untuk keperluan yang lebih besar
memerlukan komputer yang memiliki kemampuan, kecepatan dan aksesibilitas yang lebih
besar, misalnya dengan menggunakan workstation,
minicomputer, mainframe atau dengan menggunakan supercomputer.
3.
Jelaskan
secara terperinci tentang Piranti Komputer
Elemen-elemen system komputer terdiri dari hardware, software, brainware
Hardware merupakan perangkat keras yang nampak berupa benda yang menyusun suatu unit komputer, perangkat keras komputer setidaknya terdiri dari :
1. casing,
Elemen-elemen system komputer terdiri dari hardware, software, brainware
Blok diagram komputer terdiri dari :
a. input device, yang termasuk kedalam piranti masukan antara lain: keyboard, mouse, scanner, camera, fingerprint, taouch pad, cd-room, microphone, dll.
b. central processing unit, yang termasuk kedalam piranti pemrosesan yaitu CPU/prosesor
c. storage device, yang termasuk ke dalam piranti penyimpanan ialah harddisk, flashdisk.
d. output device, yang termasuk ke dalam piranti luaran antara lain : monitor, projector, printer, speaker, dll.
A. Perangkat Keras / Hardware a. input device, yang termasuk kedalam piranti masukan antara lain: keyboard, mouse, scanner, camera, fingerprint, taouch pad, cd-room, microphone, dll.
b. central processing unit, yang termasuk kedalam piranti pemrosesan yaitu CPU/prosesor
c. storage device, yang termasuk ke dalam piranti penyimpanan ialah harddisk, flashdisk.
d. output device, yang termasuk ke dalam piranti luaran antara lain : monitor, projector, printer, speaker, dll.
Hardware merupakan perangkat keras yang nampak berupa benda yang menyusun suatu unit komputer, perangkat keras komputer setidaknya terdiri dari :
1. casing,
Casing merupakan suatu benda yang berbentuk box yang berfungsi sebagai wadah / tempat menyimpan perangkat penyusun komputer lainnya.
2. Power supply
Power Supply (PS) merupakan suatu alat yang dapat mengkonversi arus AC menjadi DC. output yang dikeluarkan oleh Power Supply dapat menokong kebutuhan komputer untuk melakukan kerjanya. Tegangan yang dikeluarkan oleh PS berkisar antara 5 - 12 volt, tegangan ini didistribusikan kepada seluruh komponen lainnya yang ada dlam komputer.
3. Motherboard
3. Motherboard
Moderboard merupakan suatu rangkaian komponen elektronik yang tersusun diatas sebuah PCB. selain menjadi wadah bagi komponen komputer lainnya, motherboard juga berfungsi untuk menyalurkan aliran listrik. Dalam motherboard terdapat slot-slot untuk (PCI) menyimpan VGA eksternal, Memory, soundcard dll. Pada banyak tipe motherboard biasanya sudah dlengkapi dengan VGA onboard, BIOS,soundcard onboard.dll.
4. Processor
Processor merupakan inti utama sebuah komputer, dimana processor berfungsi sebagai manajer pengolahan data sehingga komponen komputer lainnya dapat berfungsi dengan baik. Intel dan AMD merupakan dua dari produsen prosesor ternama di dunia. prosesor biasanya ditempatkan pada motherboard dan dilengkapi dengan kipas pendingin, isi dari processor merupakan rangkaian elektronika sangat kecil dengan fungsi yang sagat besar, wajar jika prosessor sering mengalami panas, ini diakibatkan kerja prosesor yang berat dan cepat.
5. Memory,
Selain berfungsi sebagai penyimpanan sementara memory juga berfungsi untuk membantu mempercepat kinerja processor dalam melakukan tugasnya.
6. VGA
VGA merupakan komponen komputer yang berfungsi mengatur penampilan / visualisasi, VGA ada yang sudah terdapat dalam motherboard (on-board) ada juga yang secara terpisah
7. Soundcard
Souncard berfungsi sebagai pengelola audio,
8. Drive optic
Drive optic sering juga disebut dengan cd/dvd room, yang berfungsi sebagai piranti masukan sekaligus piranti luaran untuk mengambil dan menyimpan data yang kapasitasnya relatif kecil
9. Harddisk
Harddisk merupakan piranti penyimpanan data hasil pemrosesan CPU, kapasitas harddisk lebih besar dibanding piringan cd/dvd atau flashdisk. dalam sebuah komputer biasanya tempat skrip-skrip program disimpan.
B. Perangkat Lunak / Software
Perangkat lunak merupakan suatu program yang berisi instruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data. perangakat lunak merupakan elemen penting dalam memproses data, karena perangkat lunak / programlah yang mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki.
Beragam jenis perangkat lunak tersedia dipasaran yang dibuat oleh vendor-vendor untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, jenis-jenis sofware tersebut antara lain:
- Software komersial, yaitu software yang sengaja dijual dan memiliki hak cipta
- Software Domain-Public, yaitu sofware yang sifatnya gratis dan berupa source code
- Software Shareware, yaitu software yang digunakan untuk evaluasi tanpa source
- Software Rentalware, yaitu software yang disewakan dan memiliki hak cipta
- Software Free Software, yaitu software yang diengkapi dengan source code dan bersifat gratis atau berbayar tapi dengan harga yang sangat murah.
- Software Freeware, yaitu software yang bersifat gratis dan tanpa source code, bertujuan untuk menarik peminat untuk membeli versi selanjutnya
- Software Open Source, yaitu software yang dilengkapi souce code dan bersifat gratis serta disertai dengan hak-hak untuk pemakai untuk membuat, mendistribusikan salinan, memodifikasi dan melakukan pengembangan.
Software dapat dikelompokan menjadi menjadi software aplikasi dan software sistem. Software aplikasi merupakan program yang bisa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik. Software aplikasi ini dapat digolongkan menjadi software untuk hiburan, software untuk pendidikan, software untuk bisnis.
Software sistem merupakan program yang digunakan untuk mengontrol resource komputer, abik yang berifat internal maupun yang eksternal. software sistem merupakan perantara antara hardware computer dengan software aplikasi. Software sistem sendiri dapat dikelompokkan menjadi software sistem operasi, device driver dan software utilitas
Software sistem operasi merupakan sebuah program penghubung antara user komputer dengan hardware komputer yang terdiri dari kumpulan program yang sangat memperhaikan bentuk dan cara kerja hardware. Contoh system operasi: windows, linux, machintos
Software sistem merupakan program yang digunakan untuk mengontrol resource komputer, abik yang berifat internal maupun yang eksternal. software sistem merupakan perantara antara hardware computer dengan software aplikasi. Software sistem sendiri dapat dikelompokkan menjadi software sistem operasi, device driver dan software utilitas
Software sistem operasi merupakan sebuah program penghubung antara user komputer dengan hardware komputer yang terdiri dari kumpulan program yang sangat memperhaikan bentuk dan cara kerja hardware. Contoh system operasi: windows, linux, machintos
Device driver / driver motherboard merupakan program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan perangkat periperal.
Software utilitas merupakan software tambahan yang berfungsi untuk melakukan pemeliharan dan perbaikan agar kinerja komputer tetap dalam kondisi prima saat digunakan : utility program, file manager, personal firewall, antivirus, uninstaller, disks canner, disk defragmenter, diagnostic utility, backup utility, screen saver dll.
Software utilitas merupakan software tambahan yang berfungsi untuk melakukan pemeliharan dan perbaikan agar kinerja komputer tetap dalam kondisi prima saat digunakan : utility program, file manager, personal firewall, antivirus, uninstaller, disks canner, disk defragmenter, diagnostic utility, backup utility, screen saver dll.
4. Jelaskan secara terperinci tentang Pemrograman
Program merupakan kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut dengan source code yang dibuat oleh programmer.
Pemrograman adalah urutan perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat melaksanakan perintah sesuai dengan keinginan pemakai.
Program Komputer merupakan susunan instruksi (perangkat lunak) yang harus dikerjakan oleh komputer. Perangkat lunak berbentuk aljabar Boolean yang dipresentasikan sebagai binary digit berbentuk 0 atau 1, kode tersebut digabungkan menjadi instuksi aritmatik, logika, dan instruksi mnemonic. Instruksi mnemonic digabung kembali menjadi bahasa pemrograman.
Bahasa Pemrograman adalah suatu system untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis adalah suatu system berkomunikasi dengan menggunakan symbol (huruf) untuk membentuk kata. Dalam ilmu komputer bahasa manusia disebut bahasa alamiah (natural languages), dimana komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer. Perkembangan bahasa pemrograman generasi 1 bahasa mesin (bilangan biner 0 dan 1 kemudian dikembangkan menjadi bilangan octal dan heksa decimal), generasi 2 low level language (sudah mulai memasukan kata bahasa inggris dalam bentuk singkat, generasi 3 High level language (bisa mengkompilasi, membuat link, dan eksekusi perintah), Generasi IV bahasa deklaratif (bahasa yg digunakan sudah sangat mendekati bahasa percakapan sehari-hari, Generasi 5 Object-Oriented Language (disebut juga bahasa murni, menggunakan seluruh karaker dan tanda baca)
Langkah Pemrograman secara sederhana terdiri dari input, proses dan output dengan menggunakan langkah mendefinisikan, mengimplementasi, mengkompilasi, menguji, mendokumentasi dan membuat pengembangan
5. Jelaskan secara terperinci tentang Multimedia dan kaitannya dengan Pembelajaran
Pemrograman adalah urutan perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat melaksanakan perintah sesuai dengan keinginan pemakai.
Program Komputer merupakan susunan instruksi (perangkat lunak) yang harus dikerjakan oleh komputer. Perangkat lunak berbentuk aljabar Boolean yang dipresentasikan sebagai binary digit berbentuk 0 atau 1, kode tersebut digabungkan menjadi instuksi aritmatik, logika, dan instruksi mnemonic. Instruksi mnemonic digabung kembali menjadi bahasa pemrograman.
Bahasa Pemrograman adalah suatu system untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis adalah suatu system berkomunikasi dengan menggunakan symbol (huruf) untuk membentuk kata. Dalam ilmu komputer bahasa manusia disebut bahasa alamiah (natural languages), dimana komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer. Perkembangan bahasa pemrograman generasi 1 bahasa mesin (bilangan biner 0 dan 1 kemudian dikembangkan menjadi bilangan octal dan heksa decimal), generasi 2 low level language (sudah mulai memasukan kata bahasa inggris dalam bentuk singkat, generasi 3 High level language (bisa mengkompilasi, membuat link, dan eksekusi perintah), Generasi IV bahasa deklaratif (bahasa yg digunakan sudah sangat mendekati bahasa percakapan sehari-hari, Generasi 5 Object-Oriented Language (disebut juga bahasa murni, menggunakan seluruh karaker dan tanda baca)
Langkah Pemrograman secara sederhana terdiri dari input, proses dan output dengan menggunakan langkah mendefinisikan, mengimplementasi, mengkompilasi, menguji, mendokumentasi dan membuat pengembangan
5. Jelaskan secara terperinci tentang Multimedia dan kaitannya dengan Pembelajaran
Multimedia merupakan merupakan padanan kata multi dan media, multi artinya banyak dan media
artinya alat atau perantara, multimedia secara sederhana dapat diartikan
sebagai peralatan/perantara yang banyak, multimedia dikaitkan dengan teknologi
informasi merupakan penggunaan peralatan/perantara yang banyak dengan tujuan
untuk menyampaikan sesuatu sehingga informasi yang disampaikan dapat dengan
mudah dipahami orang lain. Multimedia dikaitkan dengan pembelajaran merupakan
perpaduan harmonis antara berbagai media, baik teks, gambar, grafik, audio,
video maupun animasi, yang sinergis untuk mencapai tujuan pembelajaran,
sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik, informative, interaktif,
inovatif, efektif, efisien dan mudah dipahami oleh pembelajar.
Suatu
pembelajaran dapat dikatakan menggunakan multimedia jika pada suatu metode
presentasi atau interaktif menggunakan minimal dua media masukan atau keluaran,
misalnya menggabungkan antara audio dengan video atau gambar, music dengan
animasi, dsb. Dengan menggunakan multimedia tingkat kemampuan mengingat
pembelajar secara umum dapat meningkat sampai dengan 50% dan pada kemampuan
menyimpan pesan dapat mencapai 85%.
Kehadiran
multimedia dalam bidang pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran
berdampak positif. Kehadiran multimedia dapat mengubah suasana pembelajaran,
proses pembelajaran dapat lebih
fleksibel, dimana proses pembelajaran tidak harus selalu dilakukan di
dalam kelas secara nyata, namun dapat juga dilakukan dalam kelas virtual,
misalnya dengan pemanfaatan jaringan local atau interconnections. Dimana siswa
dan guru tidak harus selalu berada dalam ruangan yang sama saat proses
pembelajaran berlangsung. Moodle salah satu piranti lunak yang dapat
dimanfaatkan untuk mengelola kelas virtual cukup efektif diterapkan dalam
proses pembelajaran. Dengan media dalam pembelajaran memungkinkan penyampaian
materi pembelajaran dapat lebih terstandar, lebih menarik dan interaktif,
efektif dan efisien baik dalam waktu maupun tenaga, serta dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa, mengembangkan kompetensi guru dan dapat
mereduksi terjadinya miskonsepsi pada siswa terkait dengan materi pembelajaran
yang disampaikan, karena penggunaan multimedia sebagai pengganti pengalaman lansung,
terutama dalam mempelajari materi yang memerlukan pengamatan langsung secara
visual, dengan demikian siswa dapat terhindar dari efek negative dari obyek
yang diamati.
Namun
demikian, untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi degan menggunakan
multimedia diperlukan berbagai perangkat pendukung utama. Perangkat tersebut
antara lain computer yang memenuhi syarat kebutuhan pengelolaan multimedia
(memiliki cd-room, soundcard, multimedia player, ram & harddisk yang
mencukupi, graphics adapter, dll), memiliki perangkat luaran
(soundsystem/speaker, monitor, projector, printer, dll). Untuk system
multimedia berbasis jaringan diperlukan perangkat tambahan misalnya system jaringan
yang sudah terintegrasi, koneksi internet dengan bandwidth yang memadai, selain
dari hardware dan software yang memadai, paling utama adalah kemampuan guru
untuk memafaatkan seluruh komponen yang ada, dimana guru harus memiliki
kemampuan untuk membuat, menggunakan dan mengembangkan system pembelajaran
berbasis multimedia, tanpa kemampuan guru (brainware) yang memadai kemungkinan
terlaksananya proses pembelajaran berbasis multimedia suit dicapai.
Metode
pembelajaran dengan multimedia dapat menggunakan metode presentasi atau metode
interaktif. Metode presentasi biasanya digunakan untuk menjelaskan
materi-materi yang sifatnya teoritis dalam pembelajaran klasikal dengan jumlah
audiens yang cukup banyak. Sedangkan metode interaktif merupakan suatu model
pembelajaran yang digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang piran,
perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendrong proses belajar.
Berbagai model multimedia (cara pembelajaran dengan multimedia) dapat
dikombinasikan dengan karakter materi pelajaran. Model pembelajaran multimedia
yang umum digunakan antara lain Model Drill, Model Tutorial, Model Simulasi,
dan Model Games.
6.
Jelaskan
secara terperinci tentang Internet dan kaitannya dengan Pembelajaran
Internet (kependekan
dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet
Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Dimana Internet ialah sistem komputer
umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet
switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar
dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini
dinamakaninternetworking.
Pada mulanya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh
Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang
disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka
mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis
UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui
saluran telepon.
Kehadiran
Internet memberikan dampak positif khususnya dalam bidang pendidikan. Internet yang
merupakan system jaringan global raksasa menyediakan berbagai informasi yang
lengkap dan mutakhir, internet juga bisa dikatakan sebagai perpustakaan raksasa
yang melahirkan ide-ide brilian dalam dunia pendidikan, salah satu bentuk
aplikasi dari pemanfaatan internet ialah dengan adanya e-learning (pembelajaran secara elektronik), misalnya, pendidikan
atau pelatihan yang semula bersifat CBT (computer base training) dengan adanya
internet menjadi WBT (web base training).
Internet
juga mengubah suasana belajar, dari yang semula pembelajaran hanya bersumber
pada guru dan dilakukan dengan tatap muka secara langsung didalam kelas,
sekarang dengan adanya internet materi pembelajaran tidak hanya bersumber pada
guru tetapi guru menjadi fasilitator dalam proses belajar, dimana proses
pembelajaran tidak lagi dilakukan dengan tatap muka langsung dalam kelas,
tetapi bisa dilakukan diluar kelas dengan menggunakan media computer yang
terhubung dengan internet. Sumber materi pelajaran pun menjadi lebih banyak variasi,
menarik dan inovatif, dimana guru dan murid bisa sama-sama memperoleh materi
pembelajaran secara lebih lengkap.
Pemanfaatkan jaringan internet sebagai sumber
dan sarana pembelajaran, dapat diimplemetasikan sebagai point-point berikut :
1.
Browsing,
yaitu kegiatan pemanfaatan belajar dengan menggunakan web browser sebagai
gerbangnya. Dari browsing dapat diperoleh informasi dan sumber-sumber belajar
baru.
2.
Resourcing,
kegiatan menjadikan internet sebagai pusat rujukan belajar, misalnya dengan menjadikan
hasil karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal on-line.
3.
Searching,
yaitu mencari sumber-sumber informasi baru untuk menambah khasanah ilmu
pengetahuan.
4. Consulting
dan Communicating, yaitu melalui internet dapat melakukan konsultasi atau
komunikasi 2 arah secara langsung, baikantara guru dengan murid, antar murid
atau dengan sumber lain dalam pembelajaran. Biasanya digunakan email, jejaring social,
dll.
7.
Apa
yang saudara ketahui tentang:
a.
TOUCHPAD
yaitu
suatu alat alat masukan yang biasanya sering ditemui pada
notebook/netbook/laptop (biasanya terletak di bawah area keyboard) yang
fungsinya untuk menggantikan fungsi dari mouse. Touchpad biasanya paling
sedikit memiliki 3 bidang, bidang datar yang lebih luas merupakan area scrolling untuk menggerakkan pointer, dua buah tombol kiri dan kanan
berfungsi sebagai eksekutor untuk menjalankan instruksi/perintah. untuk
menjalankan device ini biasanya diperlukan driver yang biasanya disebut Synaptics Pointing Device.
b.
SCANNER
Yaitu sebuah alat yang dapat
berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan
ke dalam storage device dalam komputer. Manfaat scanner sangat dirasakan
terutama dalam pengolahan data, misalnya dalam sensus penduduk, pengolahan data
menjadi lebih cepat, efektif dan efisien, sehingga waktu dan tenaga yang
dibutuhkan untuk memperoleh hasil menjadi lebih singkat dan sedikit tenaga.
c.
Asymmetric
Digital Subscriber Line (ADSL)
yaitu
komunikasi jaringan internet dengan kecepatan tinggi, dimana sinyal yang masuk
tidak sama dengan sinyal yang keluar. Yaitu dimana kapasitas
Download/downstream lebih besar disbanding Upload/Upstream. ADSL iasanya
melekat pada modem. Sistem ADSL biasanya digunakan pada penyedia jaringan
internet (ISP provider) yang menerapkan pembatasan-pembatasan. Yang melatar
belakangi di terapkannya system ini ialah karena adanya kebiasaan aktivitas
pengguna internet yang lebih sering melakukan downloading dibanding dengan
Uploading.
d.
WEB BROWSER
Web
Browser atau browser, atau peselancar, atau internet browser.
Adalah suatu program komputer
yang menyediakan Program browser pertama adalah Mosaic,
yang merupakan suatu text browser, sekarang web browser telah berkembang ke
dalam bentuk multimedia.
Web browser saat ini banyak sekali ragam
dan jenisnya, mulai dari yang berbasis ie sampai dengan berbasis chromium.
Windows dengan web browser andalannya Internet Explorer, Mac dengan Safari, dan
lain-lain. Begitu juga banyak nama webrowser baru bermunculan dari berbagai
vendor. Misalnya Commodo dengan Commodo Dragon, Apple dengan Safari-nya,
Netscape, Flox, dan lain-lain.